Personil BPBD Aceh Tamiang Dites Urine Narkoba

ACEH TAMIANG (bareskrim.com) | BNNK Aceh Tamiang melakukan tes urine kepada 30 personil Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Tamiang. Kegiatan tes urine ini dilaksanakannya rutin, Kamis (1/11/2018).

Kepala BNN Kabupaten Aceh Tamiang, AKBP Trisna Safari Yandi saat dikonfirmasi Berita Regulasi Sosial Kriminalitas (bareskrim.com) mengatakan, kegiatan ini merupakan program pemerintah secara nasional dengan tujuan untuk membersihkan narkoba dari lingkungan pemerintahan.

Terkait hasil pemeriksaan, nantinya BNNK akan menyerahkan kepada pimpinan dinas terkait. Dalam hal ini, BNNK hanya bertugas menyelenggarakan pelaksanaan tes urinenya saja.

“Ketika ada indikasi terhadap para Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun non ASN yang hari ini kita ambil urinenya untuk diperiksa, akan kita sampaikan kepada pimpinannya,” ucapnya.

Selanjutnya, kata AKBP Trisna Safari Yandi, BNNK Aceh Tamiang hanya merekomendasikan untuk merehabilitasi terhadap penggunanya, dengan melakukan kajian ulang terkait hasil pemeriksaannya apakah positif dikarenakan makanan ataupun obat – obatan, jika hasil pemeriksaannya nanti dikarenakan obat – obatan atau makanan kita tidak bisa memvonisnya sebagai pengguna.

“Tidak hanya itu, BNNK akan mengeluarkan hasil pemeriksaan tersebut secara legal sesuai dengan kekuatan hukum yang berlaku,” tutupnya.

Sekretariat Unsur Pelaksana Kantor BPBD Kabupaten Aceh Tamiang, Muslizar SPd MM mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meminimalisir penyalahgunaan narkoba di kalangan instansi sesuai dengan program pemerintah, terutama dikalangan ASN dan non ASN BPBD.

Masih menurut Muslizar, semuanya berjumlah 30 orang untuk diperiksa dari kalangan ASN dan non ASN, kegiatan ini di selenggarakan oleh BNNK, BPBD hanya memfasilitasinya saja.

Jika hasil pemeriksaan nanti terbukti, maka pihaknya akan berkoordinasi ke pihak pimpinan dalam Hal ini Kepala Pelaksana BPBD sesuai dengan aturan, untuk hasil pemeriksaan urine ini sendiri akan kita terima beberapa hari kedepan seperti yang disampaikan oleh BNNK Aceh Tamiang.

“Saya harap, melalui kegiatan ini kepada seluruh staf BPBD bisa menyadari betapa pentingnya upaya pencegahan bahaya narkoba,” cetusnya. (wdm/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *