Pertama di Indonesia | Polda Sumut Canangkan Sistem Humas Terintegrasi

MEDAN (bareskrim.com) | Polda Sumatera Utara akan membuat gebrakan baru pada tahun 2019. Gebrakan itu berupa pencanangan sistem Humas terintegrasi atau Humas Integrated System (HIS). Gebrakan ini pun diklaim sebagai pertama kali dibuat jajaran kepolisian di Indonesia.

“Rencananya HIS akan diluncurkan Februari mendatang. Saat ini system yang ada di HIS masih akan dirampungkan. Program ini juga jadi yang pertama di Indonesia,” sebut Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Tatan Dirsan Atmaja, Rabu (2/1/2019).

Tatan menerangkan HIS ini akan memudahkan masyarakat, khususnya wartawan dalam memoperoleh informasi. Baik soal kasus kriminal atau pun kejadian menonjol yang ada di Sumatera Utara. “Nantinya HIS akan dibuat menjadi satu laman. Disana Bidang Humas akan memberikan informasi dan terintegrasi antar humas di Polres Polres jajaran Polda Sumut,” terang Tatan.

Tatan juga menegaskan, Humas di Polres harus memberikan informasi sebelum diminta. Sehingga tidak ada keterlambatan informasi yang diterima oleh para wartawan. “Ini sedang kita bangun teknologinya. Jadi masih dikembangkan bersama tim IT kita,” ujarnya.

Nantinya lanjut Tatan, para jurnalis atau pengguna informasi akan didata. Kemudian diberikan satu akun untuk masuk ke dalam sistem. Sehingga bisa mengakses informasi yang ada di dalamnya. “Yang bisa mendaftar adalah yang medianya minimal berbadan hukum,” ungkapnya.

Namun Tatan menegaskan sistem terintegrasi ini tidak akan menutup kesempatan untuk konfirmasi yang sifatnya secara langsung. Di dalam laman HIS, nantinya Tatan bersama Kapolda dan para Pejabat Utama membuka ruang untuk konfirmasi langsung.

“Memang itu tidak mudah. Paling tidak sekarang era digital. Jadi kecepatan informasi yang utama. Jangan sampai, sumber berita didapat dari yang bukan berkompeten,” tandasnya. (mri/rel/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *