Program Sekolah Sawit Lestari | Terobosan Cemerlang Bagi Dunia Pendidikan

JAMBI (bareskrim.com) | Asian Agri boleh berbangga hati. Kelompok  binaannya telah menuaikan hasil. Seperti halnya Sekolah Sawit Lestari (SSL) merupakan bagian Program CSR (Corporate Social Responsibility) Asian Agri yang dilakukan di sekitar perusahaan.

PT Inti Indosawit Subur (IIS) Kebun Muara Bulian, salah satu unit bisnis Asian Agri, berhasil mengaplikasikan program kontribusi perusahaan terhadap Bidang Pendidikan di wilayah Kecamatan Maro Sebo Ilir Kabupaten Batanghari Provinsi Jambi.

Program SSL merupakan paduan antara pemberian muatan lokal budidaya kelapa sawit  yang sesuai dengan kondisi lingkungan dan sosial  masyarakat Kecamatan MSI yang dikolaborasikan dengan penanaman dan perawatan langsung di lapangan. Para siswa tidak hanya mendapatkan pengetahuan secara teori saja, tetapi juga praktek langsung cara budidaya kelapa sawit yang baik dan benar.

Alhasil, penanaman perdana program SSL pada 26 September 2016  (28 bulan lalu) oleh Asisten III Kabupaten Batanghari dengan jumlah total tanaman sebanyak 245 pokok, telah menuaikan keuntungan.

Ratusan pohon kelapa sawit yang ditanam di SMAN 11 Batanghari sebanyak 117 pokok, SMPN 28 Batanghari 30 pokok dan SDN 29 Terusan sebanyak 98 pokok, buahnya sudah dapat dipanen secara perdana.
Hasil panen perdana, pengelolaannya sepenuhnya akan dirasakan pihak sekolah, untuk menunjang operasional sekolah.

“Bagi pihak sekolahan program ini adalah sebuah terobosan alternatif untuk menjawab tantangan di dunia pendidikan Indonesia. Dampak positif program ini kami rasakan, baik itu terhadap siswa, sekolahan, maupun terhadap masyarakat sekitar khusus untuk siswa SMA. Dengan program SSL ini dapat sebagai bekal pengetahuan  pengelolaan kelapa sawit yang baik, karena nanti setelah lulus SMA ada yang melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau  melanjutkan usaha orang tuanya, karena rata rata anak didik kita adalah anak petani plasma binaan PT IIS,” kata Kepala SMA Negeri 11 Batanghari,  Alfakihi SPd saat peresmian panen perdata SSL, pada 31 Januari 2019.

Menurutnya, dengan adanya program SSL ini, nilai-nilai yang timbul dan dirasakan adalah Sosial, Edukasi, Ekonomi, Ekologi dan  Sikap Percaya Diri. “Semoga nilai-nilai tersebut akan tetap tumbuh berkembang sesuai dengan perkembangan di dunia pendidikan, khususnya di Kecamatan Maro Sebo Ilir,” ujarnya.

Khusus di nilai Ekonomi, tambahnya, walaupun baru pertama kali dipanen, tapi sebenarnya manfaat-manfaat itu sudah mulai dirasakan.  “Yang pertama adalah tanggapan dari Dinas Pendidikan Provinsi yang mengatakan bahwa program ini adalah salah satu terobosan cemerlang dunia pendidikan di Jambi, juga tanggapan positif dari masyarakat Kecamatan MSI serta harapan dari kami pihak sekolah tentang hasil produksi kelapa sawit yang akan membantu operasional sekolah masing-masing,” ucapnya.

Semoga ke depan hubungan kemitraan sekolah dengan perusahaan Asian Agri tetap berjalan dengan harmonis,  selalu mendapat bimbingan dan pembinaan.  “Kami yakin jika perusahaan banyak memberikan manfaat untuk masyarakat maka perusahaan tersebut akan tetap terus maju dan berkembang, meraih banyak kesuksesan,” ungkapnya.

Sementara itu, Head of CSR & Sustainability Operation Asian Agri, Welly Pardede mengatakan, Bidang Pendidikan merupakan salah satu fokus Program CSR dari Asian Agri Group, selain bidang-bidang yang lain,  yang sangat selaras dengan program pemerintah, yaitu peningkatan kualitas pendidikan dengan cara pemenuhan fasilitas fasilitasnya.

“Perusahaan  ingin selalu berada di tengah tengah masyarakat, dan bersama sama dengan pemerintah berperan dalam pembangunan bangsa. Inilah wujud kepedulian kami kepada masyarakat. Kami sadar bahwa Perusahaan harus bermanfaat untuk lingkungannya,” jelas Welly.

Asian Agri yakin, dengan dibangunnya kebun kelapa sawit di lokasi sekolahan, hal tersebut pasti akan berdampak positif bagi sekolahan tersebut.  Baik itu sebagai sarana belajar Teori, Praktek yang mengacu pada BMP (Best  management Practise) dan Pembelajaran di ruang terbuka, juga akan memberikan manfaat secara financial  dan terciptalah Managemen Berbasis Sekolah.

Camat Maro Sebo Ilir, Sanusi SAg mengatakan, sangat beruntung bahwa di wilayahnya ada perusahaan yang sangat peduli dengan warga masyarakat sekitarnya. Seperti halnya PT Inti Indosawit Subur ini, yang  secara rutin memberikan bantuan CSR-nya.

“Kita sudah mengetahui bahwa perusahaan ini sudah sering merehab ruangan sekolah, bantuan perbaikan jalan, bantuan social lainnya, dan hari ini kita semua menyaksikan salah satu  bentuk CSR yang baru yaitu perpaduan dari beberapa bidang yang disatukan dalam bentuk Sekolah Sawit Lestari.   Untuk itu kami turut bangga dengan keberadaan PT IIS ini, dan sudah selayaknya kita beri apresiasi yang setinggi tingginya. Semoga perusahaan ini semakain maju dan berkembang,” bilangnya.

H Abdul Mukti SPd MH selaku Kabid Pembinaan SMA Dinas Pendidikan Provinsi Jambi sangat mengapresiasi program CSR PT Inti Indosawit Subur yang telah berbuat jauh untuk kemajuan pendidikan di wilayah Kecamatan Maro Sebo Ilir, dengan kegiatan cemerlangnya perusahaan ini telah memberi sebuah jawaban yang selama ini digali oleh insan pendidik. “Ini adalah sebuah terobosan dari pihak swasta yang selama ini ditunggu-tunggu kemunculannya,” cetusnya.

“Dengan adanya kemitraan ini, kami (Dinas Pendidikan) semakin optimis menatap ke depan bahwa keberlangsungan dunia pendidikan di  Jambi akan semakin baik, dan hal ini menjadi contoh untuk sekolah-sekolah yang lain agar terus berpikir dan berupaya sebagaimana yang telah dilakukan di sekolah ini,” tandasnya.

Sekolah Sawit Lestari (SSL), dengan model kemitraan yang memadukan antara pemberian muatan Lokal dan penanaman Kelapa Sawit, sebagai sarana belajar baik teori maupun praktek tempat berproses anak didik.

“Baru kami dengar namanya, tapi mampu menumbuhkan harapan dan semangat yang luar biasa. Dengan SSL ini, kami yakin Management Berbasis Sekolah akan terwujud. Atas nama Dinas Pendidikan Provinsi Jambi mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada PT Inti Indosawit Subur dengan Program CSR-nya mampu membuat dunia pendidikan semakin cerah, dan juga kepada SMAN 11 Batanghari kami bangga dengan semua yang telah dilakukan. Semoga kedepan perusahaan ini semakin maju dan berkembang dan mampu memberikan alternatif lain untuk kemajuan bangsa,” bebernya.

Turut hadir pada acara panen perdana SSL ini; Kepala Bidang Pembinaan SMA Dinas Pendidikan Provinsi Jambi  H Abdul Mukti SPd MH, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batanghari, Head of CSR & Sustainability Operation Asian Agri  Welly Pardede, Senior Manager PT Inti Indosawit Subur, Kebun Muara Bulian Muhammad, Manager Plasma PT IIS Kebun Muara Bulian Sahala Mahulai beserta guru-guru, siswa dan tokoh masyarakat. (rel/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *