Sambut Hari Kartini | Inilah Kontribusi Mahasiswa Unimed bagi Kaum Lansia Desa Sei Rotan

PERCUT SEI TUAN (bareskrim.com) | Maramaikan Hari Kartini, belasan ibu lansia mengikuti kegiatan MAPAN LANSIA (Masa Depan Lanjut Usia) yang digelar oleh mahasiswi Unimed di Desa Sei Rotan Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang.

Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang diadakan oleh MAPAN LANSIA. Hal ini dilaksanakan dalam rangka melaksanakan Program Kreatifitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKM-M).

Program Kreatifitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKM-M) bertujuan untuk menumbuhkan empati mahasiswa kepada persoalan yang dihadapi masyarakat melalui penerapan IPTEK kampus yang menjadi solusi tepat bagi persoalan atau kebutuhan masyarakat yang tidak berorientasi pada profit.

PKM-M merupakan respon persoalan yang disampaikan masyarakat. PKM-M memerlukan Surat Pernyataan Kesediaan Bekerjasama antara Mahasiswi Unimed dan kelompok ibu-ibu lansia yang memperoleh manfaat program.

Mahasiswi Unimed yang tergabung dalam tim PKM-M MAPAN LANSIA adalah Annisa Hasri (Pendidikan Geografi), Siti Rahmayanti (Pendidikan Biologi), Helmiati (Pendidikan Seni Rupa), Novi Diani Sari (Ilmu Keolahragaan) dan Melisa Trisundari (Pendidikan Geografi). Didampingi oleh Dosen pendamping Dr Rita Juliani MSi.

Kegiatan PKM-M yang mereka lakukan meliputi temu ramah dan sosialisasi Tim PKM-M bersama mitra dan MAPAN LANSIA, pemeriksaan kesehatan yang terdiri dari Tensi, Gula Darah, Nimbang Massa Badan dan Kadar Kolesterol Kepada MAPAN LANSIA, Senam Otak, Tai Chi, Bugar, Ceria, Gemu Fa Mi Re Kepada MAPAN LANSIA, Mengenalkan Jenis, Manfaat, dan Menanam Serta Mengolah Tumbuhan Apotik Hidup Kepada MAPAN LANSIA, Melaksanakan Event Kartini Dengan Kegiatan Senam Gemu Fa Mi Re, Lomba Menggambar, Mewarnai, Menjahit dan membuat Mal Tas Kepada MAPAN LANSIA, Melakukan Kegiatan Melukis, Menyulam, dan Membuat Kerajinan Tangan Kepada MAPAN LANSIA.

Tujuan dari kegiatan ini membentuk masa depan lansia yang sehat dengan melakukan program senam sehat mapan lansia. Meningkatkan kreatifitas lansia dengan menggunakan kreatifitas mapan lansia, menambah wawasan lansia dengan melakukan program pembinaan tumbuhan edukasi mapan lansia. Hal ini dilakukan dalam rangka melaksanakan PKM-M di masyarakat.

Salah satu peserta MAPAN LANSIA, Ibu Iis (60 tahun) sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswi Unimed. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami lansia. Selain mengisi waktu luang, kegiatan ini mengingatkan kami menjaga kesehatan, melatih daya ingat dan menambah keterampilan.

“Kami juga senang bisa berkumpul bersama dan saling ngobrol. Mungkin jika tidak ada kegiatan ini kami ibu-ibu jarang bisa berkumpul. Harapannya agar kegiatan ini terus berlanjut, jangan hanya kegiatan PKM-M tetapi sehabis program tetap dilakukan secara rutin,” katanya.

Sementara Ketua PKM-M MAPAN LANSIA, Annisa Hasri mengatakan, kegiatan ini tidak hanya sebatas program PKM-M saja, harus tetap berlanjut dan dapat dipraktekan secara mandiri oleh para Ibu Lansia.

“Kami berharap program ini keberlanjutan dan dapat berdampak positif bagi masyarakat khususnya untuk para lansia agar selalu menjaga kesehatan dan peduli terhadap lingkungan,” ucapnya. (rel/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *