Dorong Percepat Lulusan | Prodi Linguistik PPs FIB USU Hadirkan 2 Pakar

MEDAN (bareskrim.com) | Program Studi Linguistik Program Pascasarjana Universitas Sumatera Utara (USU) menggelar dua kegiatan workshop dalam dua hari. Dua kegiatan tersebut adalah Worksop Metode Penelitian Bahasa dengan tema ‘Peningkatan Mutu Penelitian Bahasa Melalui Penerapan Metode yang Tepat’, dengan narasumber Dr Sudaryanto dari UGM, dilaksanakan pada 23 April 2019 di Aula Gedung Pascasarjana USU.

Kemudian di lokasi yang sama digelar Workshop Linguistik Korpus dengan tema Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Pengembangan Ilmu Kebahasaan pada Era Revolusi Industri 4.0, dengan narasumber Totok Suhardijanto MHum PhD (peneliti bahasa dari UI).

Workshop Metode Penelitian Bahasa, (23/4/2019), dibuka oleh Wakil Dekan III FIB USU Prof Dr Ichwanuddin MSi, turut hadir Direktur SPs USU Prof Dr Robert Sibarani MS, Sekretaris Prodi S3 Linguistik Dr Mulyadi MHum, Sekretaris Prodi S2 Linguistik Dr Thirhaya Zein MA, puluhan dosen S2-S3 Prodi Linguistik USU dan seluruh mahasiswa S2-S3 Prodi Linguistik USU.

Sedangkan Workshop Linguistik Korpus (27/4/2019), dibuka oleh WD 3 FIB Prof Dr Ichwanuddin MSi, turut hadir Sekretaris Prodi S3 Linguistik Dr Mulyadi MHum, Sekretaris Prodi S2 Linguistik Dr Thirhaya Zein MA puluhan dosen S2-S3 Prodi Linguistik USU dan seluruh mahasiswa S2-S3 Prodi Linguistik USU.

Dalam kegiatan Workshop Linguistik Korpus ini juga dilakukan penandatanganan MoU antara Prodi Linguistik PPs USU dengan Prodi Linguistik PPs UI, karena bertepatan narasumbernya Totok Suhardijanto, MHum PhD adalah Ketua Prodi Linguistik USU dan juga Ketua Koordinator Prodi S2-S3 Indonesia.

Dr Mulyadi MHum, saat pembukaan Workshop Linguistik Korpus, (27/4/2019), mengatakan, dua kegiatan ilmiah ini diharapkan menjadi jembatan bagi seluruh mahasiswa Prodi Linguistik S2-S3 dalam memfokuskan arah penelitian tesis dan disertasinya, sehingga dapat mendorong percepatan lulus untuk menjadi Magister dan Doktor Linguistik.

“Kami Program Studi akan terus melakukan berbagai terobosan agar para mahasiswa S2-S3 Linguistik USU dapat terus termotivasi agar bisa cepat tamat. Jika seluruh mahasiswa dapat cepat tamat, tentunya akan berdampak baik bagi Prodi juga, yaitu satu poin saat akreditasi Prodi tentang waktu lulus mahasiswa. Kami berprinsip, jika seluruh matakuliah telah lulus dan kewajiban akademik lainnya telah tuntas, untuk apa dilama-lamakan tamatnya. Makanya kami sangat berkeinginan seluruh mahasiswa bisa segera tuntas tepat waktu,” katanya.

Wakil Dekan 3 FIB Prof Dr Ichwanuddin MSi berujar, sangat mendukung dua kegiatan yang dilakukan Prodi Linguistik PPs FIB ini, apalagi dua kegiatan ini dilatarbelakangi oleh tujuan yang mulia yakni mendorong agar mahasiswa S2-S3 Prodi Linguistik dapat lulus tepat waktu.

“Mungkin tidak banyak pimpinan Prodi diberbagai kampus yang memiliki keinginan mulia ini, walau seharusnya seluruh pimpinan Prodi harus melakukan berbagai upaya agar mahasiswanya bisa tamat tepat waktu, karena poin ini penting saat akreditasi Prodi oleh BAN-PT. Saya sangat berharap seluruh pimpinan Prodi S1-S2-S3 di FIB terus melakukan terobosan dalam bentuk kegiatan akademik dan non-akademik yang mendorong mahasiswa bisa lulus tepat waktu. Kami pimpinan fakultas sangat mendukung dua kegiatan yang dilakukan ini dan berharap para mahasiswa S2-S3 Linguistik USU dapat memanfaatkan dengan baik, sehingga apa yang menjadi harapan Prodi yakni seluruh mahasiswa bisa tamat tepat waktu akan tercapai. Melalui forum ilmiah ini, saya juga berharap kepada para mahasiswa, jika ada permasalahan yang menjadi penghambat dalam perkuliahan mohon segera sampaikan dan diskusikan dengan Prodi, agar dapat diberikan jalan keluarnya,” cetusnya.

Lanjut Prof Ichwanuddin menambahkan, dua kegiatan workshop ini dapat dimanfaat baik oleh seluruh mahasiswa, karena Prodi telah menghadirkan dua orang pakar dibidangnya. “Kita berharap dua kegiatan ini dapat menjadi pemantik bagi mahasiswa dalam memfokuskan kajian tesis dan disertasinya, serta mendukung percepatan keulusan,” tutupnya.

Deni Iskandar, salah seorang mahasiswa S3 Linguistik berterimakasih kepada pimpinan Prodi atas dilaksanakannya dua kegiatan workshop yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa. “Dua narasumber telah mampu mengispirasi dan menguatkan rencana tema penelitian tesis dan disertasi kami. Semoga penyelenggarakan dua kegiatan wokshop ini menjadi nilai ibadah bagi pimpinan fakultas dan Prodi, serta pastinya sangat bermanfaat baik bagi kami mahasiswa,” katanya. (rel/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *