Peringatan Israj Mi’raj BKKBN Sumut | Bangun Keluarga dengan Ukhuwah

MEDAN (bareskrim.com) | Melalui peringatan Israj Mi’raj diharapkan menjadi motivasi bagi BKKBN Sumut dalam program pembangunan keluarga.

Hal itu disampaikan Kepala Perwakilan BKKBN Sumut melalui Sekretaris Yusrizal Batubara pada peringatan Israj Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1440 H, Kamis (2/5/2019), di halaman kantor perwakilan BKKBN Sumut.

“Dengan peringatan ini juga mempererat tali persaudaraan. Memotivasi ASN BKKBN Sumut untuk menjalankan program pembangunan keluarga,” harapnya.

Sementara Ketua BKM Masjid As Sakinah BKKBN Sumut, Ary Armawan menyampaikan, semoga dengan acara ini, ukhuwah kita semakin meningkat. Dapat mengaplikasikan apa yang disampaikan Al Ustad dalam kehidupan sehari-hari.

“Dapat mempererat ukhuwah dan membangun rasa kekeluargaan kita. Senantiasa bertaqwa pada Allah SWT,” pintanya.

Ia juga mengatakan, di Masjid As Sakinah pada bulan puasa juga dilaksanakan tadarusan setiap hari Jumat.

Sementara, Al Ustadz Muhammad Yusuf Siregar dalam tausyiyahnya menyampaikan, dua perjalanan Rasul yang fenomenal yaitu Israj Mi’raj dan Hijrah. “Kalau Israj, nabi tak perlu strategi dan siasat karena sudah difasilitasi Allah yang mengundang. Maka disiapkan Allah dan waktunya malam, kenderaannya buroq,” ujarnya.

Namun, lanjutnya, kalau hijrah, Nabi punya strategi sehingga selamat saat keluar dari rumah. Selain itu, Nabi memiliki kepintaran seperti saat melakukan hijrah ke Mekkah. “4 sifat nabi, salah satunya fatonah, yaitu cerdas. Itu makanya kita diajarkan harus pintar,” ujarnya.

Peristiwa Israj Mi’raj, jelas Al ustadz, terjadi karena nabi berduka cita ditinggal pamannya Abu Thalib dan istrinya Siti Khodijah yang mengorbankan jiwa dan hartanya demi Islam.

“Jadi, bersedekalah untuk agama yang datangkan lima manfaat, yaitu Allah tambah rezekinya, obat bagi penyakit. Ketiga, kata rasul, mengangkat bala dari rumah mereka, dari kampung mereka. Keempat, yang suka bersedakah kata rasul saat lewati siraj, laksana petir langsung menuju surga dan kelima masuk ke surga tanpa hisab,” terangnya.

Menurutnya, inti Israj Mi’raj menjadikan mesjid untuk beribadah dan berdo, karena perjalanan nabi itu dari mesjid ke mesjid.

Acara dengan tema ‘Melalui Peringatan Kita Jadikan Momentum Memperkuat Rasa Kebersamaan dan Persaudaraan untuk Mewujudkan ASN yang Melayani dan Bermartabat’, digelar sekaligus
menyambut bulan suci Ramadhan 1440 H. Juga dihiasi dengan pemberian tali asih pendidikan kepada siswa-siswa SMP yang berada di sekitar lingkungan BKKBN Sumut. (rel/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *