Penyebar Video Hoax Unjukrasa ‘People Power’ ‘Terciduk

MEDAN (bareskrim.com) | Petugas Subdit V/Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Sumut melakukan penangkapan terhadap Janri Pakpahan (30), warga Jalan Tangguk Utama, Blok 3 Griya Martubung, Medan Labuhan.

Penangkapan tersebut dilakukan karena Janri Pakpahan diduga kuat telah menyebarkan video berita hoax unjukrasa ‘People Power’ yang telah mulai berlangsung di Kota Medan.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Tatan Dirsan Atmaja membenarkan penangkapan ini. “Pelaku berhasil diamankan pada pukul 11.30 WIB tadi,” jelas Tatan kepada awak media, (18/5/2019).

Tatan menerangkan, dalam postingannya di chanel youtube Janry Cool, menuliskan pada judul video, People Power di Kota Medan sudah mulai beraksi. Dia mengajak warganet untuk bersama-sama berdoa demi kedamaian NKRI.

“Dalam video itu terlihat kerumunan massa dengan jumlah banyak melakukan aksi unjukrasa sembari meneriakkan yel yel Prabowo Presiden. Video itu diposting pelaku pada 16 Mei 2019, padahal sesungguhnya pada tanggal itu unjuk rasa tidak ada terjadi di kota Medan,” jelasnya.

Karena itu Janri Pakpahan akan dijerat Pasal 14 ayat 2 UU RI No 1 tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana. Polisi mengamankan barang bukti 1 unit handphone merek Oppo F1S, KTP dan sim card.

“Untuk motif, pelaku memohon doa untuk kedamaian negara dan bangsa pascapemilu. Padahal, konten berita bohong yang dibuat pelaku dapat menerbitkan keonaran di kalangan masyarakat,” pungkasnya. (amri/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *