KPU Sumut Dijaga Ketat Personel TNI-Polri

MEDAN (bareskrim.com) | Polda Sumut bersama Kodam I/BB menyatakan sepenuhnya siap untuk melakukan antisipasi pengamanan pascapenetapan rekaputilasi KPU.

Seluruh kekuatan pasukan akan dikerahkan dengan langkah awal melakukan apel gabungan TNI-Polri di Lapangan Benteng Medan, Selasa (21/5/2019).

Kapolda Sumut, Irjen Agus Andrianto menyampaikan, dalam menyikapi putusan pleno itu, pihaknya siap mengantisipasi perkembangan situasi yang terjadi di wilayah Sumut.

“Bersama dengan pak Panglima (Pangdam I/BB) dan unsur TNI yang lain, kita siap untuk mengamankan Sumatera Utara,” tegas Kapolda usai menggelar apel.

Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah menambahkan, prinsipnya kekuatan yang dikerahkan untuk melakukan pengamanan semua. Dalam pelaksanaannya akan diatur sesuai dengan perkembangan situasi yang terjadi.

“Untuk mengamankan negeri yang tercinta ini semua, nggak ada dicadang-cadangkan. Tapi dalam pelaksanaannya akan kita atur agar bisa terus berkelanjutan. Seperti info, berita, intelijen yang kita terima dan arahan pimpinan akan menjadi bagian yang kita pertimbangkan untuk penggunaan kekuatan,” katanya.

Dalam penyiapan kekuatan ini, MS Fadhilah mengaku, pihaknya juga tidak boleh underestimate, serta tidak berlebihan. Tetapi kekuatan tersebut dapat memberikan efek deterrence (pencegahan) bagi pihak yang ingin berniat tidak baik. “Intinya, kita memberikan rasa aman kepada masyarakat,” pungkasnya.

Amatan awak media, usai menggelar apel gabungan tersebut, para personel TNI-Polri kemudian menggelar patroli bersama dengan mengelilingi sejumlah kawasan Kota Medan mengendarai sepeda motor.

Hal ini menurut mereka, sebagai langkah lanjut untuk memberikan rasa aman pada masyarakat. (amri/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *