Pelaku Penyebar Video Running Teks di SPBU Marelan yang Hina Presiden | Ditangkap

BELAWAN (bareskrim.com) | Polres Pelabuhan Belawan bekerjasama dengan Tim Cybercrime Poldasu dan Tim Polsek Medan Labuhan, menangkap pelaku penyebar penghinaan Presiden Jokowi dan Pimpinan Umum Megawati yang viral di videotron running teks di SPBU Marelan.

Pelaku berinisial IPT (20) Warga Uni Kampung Belawan yang juga diketahui seorang Mahasiswa salah satu universitas di Medan.

Dalam pemaparannya, Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan, SH, MH didampingi Kasat Reskrim AKP Jerico Lavian Chandra, SH, menjelaskan, pihak kepolisian masih mengamankan seorang pelaku penyebar video, sedangkan pelaku lainnya yang merupakan pembuat running teks penghina kepala negara masih terus diburu.

“Berdasarkan keterangan dari sembilan orang saksi yang sebelumnya kita periksa, pelaku berhasil ditangkap di rumahnya bersama barang bukti berupa satu unit laptop,” katanya Senin (27/05/2019).

Berdasarkan pengakuan dari pelaku, menyebutkan awalnya dia sedang nongkrong di seputaran SPBU Pasar 3 Marelan dan melihat papan billboard yang biasanya bertuliskan harga BBM dan ucapan terima kasih, berganti dengan tulisan hinaan kepada Presiden Jokowi dan Megawati.

“Pelaku dengan sengaja merekam running teks tersebut dan menyebarkanya melalui media sosial seperti youtube, facebook, whatsap dan instagram serta sempat membuat heboh warga sekitar Medan Utara,” jelasnya.

Kini pelaku telah ditahan di sel Mapolsek Medan Labuhan dengan sangkaan melanggar pasal 45 ayat 3 UU ITE jo pasal 207 KHUP dengan hukuman penjara empat tahun.

“Untuk pelaku lainnya, yakni pembuat running teks penghina kepala negara masih terus diburu petugas kepolisian,” pungkasnya. (nico/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *