Rektor Resmikan Renovasi Perluasan Masjid Baiturrahman Unimed

MEDAN (bareskrim.com) | Bermula dari tidak tertampungnya jamaah shalat Jumat di Masjid Baiturrahman Unimed sejak dua tahun lalu, menjadi perhatian Rektorat Unimed.

Pimpinan ‘kampus hijau’ berupaya mengajak civitas Unimed menggalang dan menyumbangkan dana/infaq setiap bulan untuk renovasi perluasan masjid.

Pembangunan masjid menggunakan dana sumbangan dari 831 dosen dan pegawai Unimed, serta bantuan lain dari masyarakat terkumpul sebesar Rp 5,4 miliar lebih. Perluasan masjid dilakukan selama dua tahun, bangunan yang awalnya seluas 920 m2 setelah direnovasi, luasnya menjadi 2570 m2.

Setelah rampung, Rektor Unimed Prof Dr Syawal Gultom meresmikan renovasi perluasan Masjid Baiturrahman Unimed pada 11 Juni 2019 (7 Syawal 1440 H).

Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor, Direktur PPs, Dekan dan wakil dekan se-lingkungan Unimed, Kepala Biro, Kepala lembaga, Dosen dan pegawai Unimed. Acara ini digelar dengan pembacaan ayat suci Al-qur’an oleh qoriah nasional Anggraini mahasiswa FBS Unimed, penandatanganan prasasti, pemotongan pita, dan juga pelepasan ikan mas koi di kolam ikan masjid.

Rektor Unimed menyampaikan rasa kagum dengan perubahan Mesjid Baiturrahman Unimed yang sangat bagus seperti masjid di timur tengah. “Tugas kita selanjutnya adalah melanjutkan pembangunan yang tersisa dan memakmurkan masjid. Mari kita bersama memakmurkan masjid yg indah ini dengan berbagai kegiatan kajian keislaman, agar masjid ini bermanfaat dalam mewujudkan motto Unimed The Character Building University. Mari kita jadikan masjid ini pusat peradaban menyatukan jiwa warga civitas dalam memajukan kampus kebanggaan kita menjadi maju dan bermanfaat bagi masyarakat luas,” katanya.

Ketua Pembangunan Renovasi Peluasan Masjid Baiturrahman, Dr H Wildansyah Lubis MPd mengatakan, renovasi peluasan masjid merupakan inisitatif dari pimpinan dua tahun lalu, berawal dari meluapnya jamaah sehingga tidak tertampung di dalam masjid.

Oleh karena itu, Pimpinan berupaya mengajak para dosen dan pegawai Unimed menggalang dan menyumbangkan dana renovasi setiap bulan untuk renovasi perluasan masjid.”

Dr Wildan melanjutkan, dana sumbangan civitas serta masyarakat sudah disalurkan untuk pembangunan masjid. “Mudah-mudahan infaq yang disampaikan menjadi ladang amal diakhirat kelak. Terimakasih sudah berpartisipasi dalam pembangunan masjid. Masih banyak hal-hal yang kita perbaiki ke depan,” ucapnya. (rel/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *