19 Oktober, Peringatan Harganas XX Tingkat Sumut

harganaslogobareskrimMEDAN | Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Gatot Pujo Nugroho menyatakan kesiapannya untuk membuka peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 20 Tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut) tahun 2013.

Peringatan itu dilaksanakan di Lapangan H Adam Malik Kota Pematang Siantar 19 Oktober mendatang.

Kesiapan itu dikatakan Gubsu saat menerima audiensi Kepala Perwakilan BKKBN Sumut drg Widwiono didampingi Kepala Balatbang Sofyan Rangkuti, Wali Kota Pematang Siantar Hulman Sitorus dan lainnya, di rumah dinas Gubsu, Rabu (9/10/2013).

“Saat ini TFR (Total Fertility Rate Sumut 3,0 yang masih diatas rata-rata nasional 2,5. Dengan kegiatan ini kita harapkan sebagai momentum kesadaran kolektif, yang penting bahwa penyelesaian kependudukan perlu dikordinasikan dan salah satu kriteria kemajuan wilayah adalah jumlah penduduknya,” ujar Gubsu yang didampingi Kadis Kominfo Sumut Jumsadi Damanik, Asisten 3 Arsyad Lubis, Kabiro PPA.

Gubsu juga mengharapkan, pentingnya terus melakukan sosialisasi tentang perencanaan keluarga kepada generasi remaja, pelajar dan mahasiswa agar mereka bisa merencanakan masa depannya dan kapan usia berumah tangga. “Giatkan terus fungsi kordinasi juga dengan Pemprov Sumut,” harapnya.

Sementara Wali Kota Pematang Siantar Hulman Sitorus mengatakan, pihak sudah siap melaksanakan peringatan Harganas yang memang sangat penting. “Harganas intinya penentuan jumlah penduduk dan penentuan kualitas,” ujarnya.

Kepala Perwakilan BKKBN Sumut drg Widwiono menyampaikan, dalam kegiatan Harganas yang dimulai dari 17 Oktober sampai 19 Oktober ini dihadiri dari BKKBN pusat. Mensukseskan Harganas juga dilakukan penghijauan dengan penanaman 400 bibit pohon tanaman keras Mahoni dan Sirsak. Pelayanan KB di RS Jasamen Saragih, lomba pemahaman tentang pendewasaan usia perkawinan yang diikuti 300 orang mewakili kabupaten/kota dan acara lainnya.

Widwiono juga berharap kepada Gubsu untuk menyerahkan penghargaan Manggala Karya Kencana kepada Wali Kota Pematang Siantar Hulman Siantar. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *