Dandim 0201/BS | NU Tulang Punggung Bangsa Menjaga Integritas NKRI

 

(Dandim) 0201/BS Letkol Inf Hendriyadi berfoto bersama dengan pengurus PC NU Kota Medan.
(Dandim) 0201/BS Letkol Inf Hendriyadi berfoto bersama dengan pengurus PC NU Kota Medan.

logobareskrimMEDAN | Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0201/BS Letkol Inf Hendriyadi menegaskan, Nahdlatul Ulama (NU) merupakan tulang punggung bangsa dalam menjaga integritas Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sejak zaman perjuangan hingga saat ini.

“Sebagai organisasi Islam terbesar di Indonesia NU memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kutuhan NKRI dari rong-rongrongan pihak luar, sehingga sumbangsih NU untuk menjaga suasana kondusif di Negeri ini sangatlah penting,” kata Letkol Inf Hendriyadi, Kamis (17/10/2013), ketika menerima audensi Pengurus Cabang NU Medan di Makodim 0201/BS Jalan Pengadilan Medan.

Hendriyadi yang ketika itu di dampingi oleh Pasi Teritorial Kapten Inf P Purba menjelaskan bahwa Kodim 0201/BS membawahi 16 Koramil yang tersebar di wilayah Kota Medan dan Deli Serdang yang tujuannya untuk menjaga wilayah teritorial dari pengganggu keamanan Negara.

Dijelaskannya, peran TNI saat ini sudah jauh berbeda pasca era reformasi dimana TNI sebagai komponen bangsa berperan ketika ada ancaman terhadap keutuhan Negara sedangkan untuk Kamtibmas saat ini dipegang oleh pihak kepolisian dimana TNI turun ketika dimintai bantuan.
Letkol Inf Hendriyadi menuturkan, saat ini bangsa sedang dihadapkan pada perang halus dari dunia luar dimana peperangan dilakukan tidak meneggunakan senjata akan tetapi peperang dilakukan melalui arus informasi teknologi yang tujuannya merusaka kehidupan sosial budaya bagi generasi muda Indonesia.

“Tanpa kita sadari bahwa generasi muda kita sudah disusupi oleh yang namanya informasi negatif lewat teknologi komunikasi yang sangat canggih seperti mudahnya generasi muda kita mengakses situs porno lewat telepon selular atau melalui internet. Nah disinilah peran NU sangat diharapkan melalui dakwah serta budaya-budaya religius yang dimiliki oleh NU tentu bisa membentengi generasi muda kita dari ancamanan dekadensi moral,” kata Hendriyadi.

Hendriyadi mengharapkan, agar PC NU Kota Medan bisa bersinergi dengan Dandim 0201 /BS khususnya dalam menciptakan karakter bangsa bagi generasi muda Indonesia serta bisa menjadi benteng untuk menjaga keutuhan NKRI.

Sebelumnya, Ketua Tanfidziyah PCNU Kota Medan Achmad Firdausi Hutasuhut SH MSi menegaskan, NU Medan siap bersinergi dengan pihak Kodim 0201/BS dalam hal menajga suasanan kondusif di Kota Medan , mendidik generasi muda di Kota Medan agar lebih memiliki kecintaan terhadap NKRI yang saat ini nyaris tergerus oleh zaman.

“PC NU Kota Medan melalui program-program serta kekuatan yang dimiliki terdiri dari lembaga dan Banom siap bersinergi dengan pihak Kodim 0201/BS untuk menciptakan suasana kondusif di Kota Medan,” kata Firdaus.

Firdaus yang ketika itu didampingi sejumlah fungasionaris PC NU Kota Medan seperti Ansori Daulay, Suparmin, Hendrawan Siregar dan Wilmar Lumban Tobing MA mengundang secara resmi Letkol Inf Hendriyadi hadir pada acara pelantikan PC NU Medan yang akan digelar pada November 2013 mendatang. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *