SMK Penerbangan harus Lahirkan Lulusan Tangguh

MEDAN | Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Penerbangan harus mampu melahirkan ide atau program yang baik dimasa yang akan datang. Sehingga lulusannya bisa tampil menjadi penerbang yang tangguh dan handal.

“Apalagi dunia penerbangan sangat menjanji lapangan kerja. Dengan demikian kita tidak terlalu mengandalkan penerbang dari luar negeri. Karena sekolah penerbangan kita juga mampu melahirkan bibit-bibit penerbang yang lebih baik,” kata Plt Walikota Medan Dzulmi Eldin saat membuka Kongres ke IV Forum Komunikasi SMK Penerbangan se- Indonesia di Hotel Garuda Plaza, 23 November 2013.

Plt Walikota itu memberi apreasiasi tinggi atas terselenggaranya kongres tersebut sekaligus berharap kongres dapat memberikan kontribusi bagi pendidikan khususnya di sekolah kejuruan. “Kongres ini mementum untuk meningkatkan kredibilitas pendidikan penerbangan agar lebih dapat memantapkan diri untuk bisa menjadi penerbang di Indonesia,” katanya.

Senada dengan Eldin, Sekretaris pelaksana Yayasan SMK Penerbangan Medan yang juga ketua panitia Komariah, S. Psi juga menyampaikan pendapat serupa. Dia mengatakan, lulusan SMK Penerbangan merupakan lulusan paling diminati saat ini.

“Ini sebagai bukti bahwa sekolah penerbangan sangat menjanjikan. Berbahagialah bagi orangtua yang menyekolahkan anaknya di SMK Penerbangan. Karena setamat dari sini langsung bekerja dengan gaji yang memuaskan. Siapa yang tidak bangga anaknya menjadi sukses dibidang yang diminatinya,” kata Komariah.

Saat ini, kata Komariah ada 33 SMK Penerbangan di seluruh Indonesia . Lima diantaranya dikelola pemerintah. Selebihnya milik swasta dengan siswa yang makin bertambah dari tahun ke tahun.

“Untuk itu, forum ini dibuat agar terjalin silaturrahmi sekaligus tukar menukar informasi antar sesama penyelenggara sekolah penerbangan,” tukas Komariah.

Kesuksesan kongres ke IV itu juga ditandai dengan banyaknya undangan yang hadir. Tidak saja pejabat dari Pemko Medan tapi juga dari Pempropsu. Hadir juga disitu Danlanud Medan Kol. Pnb. Handoko, Ketua Forum Komunikasi SMK Penerbangan se- Indonesia R. Saragih dan Kadisdiksu M Zein.

Kadis Pendidikan Sumut M. Zein mengatakan, peranan transportasi udara sangat strategis sebagai urat nadi kehidupan politik, ekonomi, sosial budaya dan berbagai aspek pembangunan bangsa.

Mengingat peran yang sangat vital tersebut, pemerintah harus mempersiapkan suatu sistem transportasi yang dapat diandalkan secara efektif dan efisien. “Untuk itu dibutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas sebagai pelaku pelayanan moda transportasi udara yang dapat diandalkan,” kata Zein.

Sekaitan dengan itu SMK Penerbangan merupakan SDM yang mampu mengisi peluang kerja di dunia industri baik skala nasional maupun internasional. Oleh karena itu SMK harus mampu melengkapi berbagai fasilitas pendukung dan aspek prasarana dan tenaga pendidik agar dapat menghasilkan SDM yang handal, terampil dan siap pakai.

Selaku organisasi lembaga pendidikan diharapkan forum bermanfaat mengantisipasi perkembangan kemajuan yang dahsyat di dunia transportasi. Sehingga SMK Penerbangan tidak ketinggalan mempersiapkan tenaga kerja tingkat menengah untuk memasuki pasar kerja. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *