Natal & Tahun Baru | Pemko Medan Gelar 50 Titik Pasar Murah

bareskrimMEDAN | Pemerintah Kota Medan menggelar pasar murah menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru. Ada 5 titik pasar murah yang disiapkan, dengan titik pusat di Lapangan Sepakbola Jalan Air Bersih.

Pelaksana Tugas Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin mengatakan, seluruh barang yang dijual di pasar murah jauh lebih murah dibandingkan dengan harga di pasaran maupun distributor karena telah disubsidi Pemko Medan.

Hal itu dilakukan guna membantu warga Kota Medan, terutama yang kurang mampu guna memenuhi kebutuhan pokok yang berkualitas dengan harga terjangkau, khususnya dalam rangka menghadapi Perayaan Natal dan Tahun Baru 2014.

Dijelaskan Eldin, kegiatan pasar murah ini merupakan yang ke-2 kalinya digelar dalam tahun ini, setelah yang pertama dilaksanakan untuk menyambut bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

Kehadiran pasar murah ini merupakan salah satu wujud perhatian dan kepedulian dari Pemko Medan untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok. Selain itu untuk menekan kenaikan harga kebutuhan pokok menjelang hari besar keagamaan.

Menurut Eldin, kenaikan harga kebutuhan pokok cenderung berdampak terhadap inflasi. Jika inflasi kurang bisa dikendalikan tentunya dapat menurunkan daya beli masyarakat. Atas dasar itulah Pemko Medan bersama-sama stakeholder memprogramkan kegiatan pasar murah guna membantu masyarakat untuk mendapatkan bahan kebutuhan pokok yang berkualitas dengan harga relative terjangkau.

“Kegiatan pasar murah ini kita laksanakan selama 10 hari. Saya berharap masyarakat, terutama umat Kristiani dapat memanfaatkan pasar murah ini dengan sebaik-baiknya , terutama memenuhi kebutuhan bahan poko untuk memenuhi keperluan menyambut Hari Natal dan Tahun Baru 2014,” kata Eldin.

Demi suksesnya pelaksanaan pasar murah yang merupakan gawean Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Medan, Eldin mengingatkan seluruh camat dan lurah agar berperan aktif dalam mensosialisasikan sekaligus mengawasi.

Hal itu dilakukan agar tujuan pasar murah digelar tepat sasaran yaitu meringankan beban warga yang tingkat ekonominya menengah ke bawah, terutama lagi dalam rangka memenuhi kebutuhan bahan pokok yang berkualitas untuk menghadapiu Hari Natal dan Tahun Baru 2014.

Sementara itu, Kadisperindag Kota Medan Syafrizal Arief SE mengatakan, maksud dan tujuan digelarnya pasar murah ini untuk mengatasi pemenuhan kebutuhan masyarakat dalam menyambut Hari Natal dan Tahun 2013, sekaligus menekan tingkat inflasi di Kota Medan.

Kegiatan ini bekerjasama dengan 9 perusahaan atau distributor bahan-bahan kebutuhan pokok seperti gula, tepung terigu, sirup markisa, sirup kurnia, telur , minyak goreng, kacang tanah dan mentega.

“Pelaksanaan pasar murah ini sudah memasuki tahun kesepuluh. Untuk tahun ini, pasar murah digelar di 50 titik. Sedangkan tahun lahu, pasar murah hanya dilaksanakan di 17 titik. Untuk itu jika kondisi keuangan Pemko Medan memungkinkan, maka kita akan meningkatkan jumlah titik pasar murah di seluruh kelurahan Kota Medan pada tahun mendatang,” jelas Syafrizal.

Berikut harga bahan kebutuhan pokok yang dijual di pasar murah seperti gula pasir yang harganya Rp.11.500 /kg menjadi Rp.10.012 /kg. Kemudian telur Rp.795 perbutir, harga di pasaran Rp.10.,50 perbutir. Minyak goreng kemasan Fortune 1 liter dijual Rp.9.800/liter, harga di pasaran Rp.12.000/liter. Begitu juga dengan minyak goreng kemasan Sania 1 liter, dijual Rp.10.300/liter, harga pasaran Rp.12.000.

Selain itu markisa SQ Exclusive Sarang Tawon, dijual Rp.16.000/botol, harga pasaran Rp.17.000/botol. Markisa Fresh Juice Pohon Pinang dijual Rp.15.350/botol, di pasaran Rp.17.500/botol. Markisa Eko Sarang Tawon dijual Rp.9.000/botol, di pasaran Rp.12.000/botol. “Yang pasti harga bahan kebutuhan pokok yang kita jual murah di bawah distributor, bukan di bawah harga pasaran lagi. Sebab, Pemko Medan telah mensubsidinya sebesar Rp.430 juta,” ungkap Syafrizal. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *