PT SMA Bantu Petani Batubara dengan Bibit Ikan Lele

bibit lelebareskrimBATUBARA | Kelompok Tani Ikan Dusun Parulian Desa Kebun Tanah Datar Kecamatan Talawi Batubara merasa bersyukur atas bantuan bibit ikan lele yang diberikan PT Supra Matra Abadi (PT SMA). Bibit ikan yang dibantu sebanyak 7000 ekor.

Selain bibit ikan, petani ikan juga mendapatkan bantuan pakannya. Bantuan dari PT SMA merupakan bagian dari program CSR Bidang Pengembangan Ekonomi yang dilakukan oleh perusahaan.

Dalam menjalankan operasionalnya, PT SMA yang merupakan unit bisnis Asian Agri Group menjalankan program CSR yang dikemas dalam 5 bidang, yaitu Program Petani Swadaya, Bidang Pengembangan Ekonomi, Bidang Pendidikan, Bidang Kesehatan dan Bidang Karikatif. Untuk Bidang karikatif bersifat donasi, seperti bantuan bencana alam, perbaikan jalan desa dan lain sebagainya.

Bantuan bibit ikan tersebut diserahkan oleh Manager Kebun PT SMA, Ir Andi Prasetyo didampingi Manager Pabrik Ir Jani Karo-karo, Koordinator CSR Sumut Fajar Suryono dan KTU Mengkan Purba, SE dan diserahkan kepada P Sitinjak selaku Kordinator Kelompok Tani, 18 Desember 2013, di areal Kolam Ikan Dusun Parulian.

Manager Kebun PT SMA, Ir Andi Prasetyo mengatakan, bantuan ikan lele ini merupakan percobaan yang diberikan kepada masyarakat melalui kelompok tani. Jika pengelolaannya berjalan bagus dan dapat berkembang, maka perusahaan akan menambah skala bantuan bibit ikan. “Dan bisa saja bukan hanya ikan lele, tapi bisa ikan tawar lainnya, seperti ikan mas, nila, bawal dan lainnya,” katanya.

Ir Andi Prasetyo menambahkan, pada tahun 2013 ini program CSR yang sudah dilakukan oleh PT SMA berupa Pelatihan Posyandu, Pembangunan Poliklinik Desa, Perbaikan Ruangan Kelas, Bantuan Mobiler Sekolah, Bantuan perbaikan rumah ibadah, Paket Lebaran dan program lainnya.

“Kita akan tetap menjalankan program CSR dengan melihat kebutuhan masyarakat sekitar perusahaan,” ujarnya.

Penerima manfaat yang diwakili P Sitinjak mengucapkan terimakasih pada PT SMA yang sudah mau memberikan bantuan bibit ikan lele. “Di dusun ini kami sudah tersedia kolam ikan, niat batuan ikan lele ini sangat mendukung kegiatan kami untuk peningkatan perekonomian masyarakat. Selain itu, sebenarnya PT SMA sudah banyak memebri bantuan kepada kami, seperti bantuan bibit bebek, bantuan perbaikan jalan dan lain sebagainya,” jelasnya.

Koordinator CSR Sumut, Fajar Suryono mengatakan, program CSR merupakan komitmen perusahaan dalam memberikan kontribusi untuk masyarakat sekitar. Dengan adanya Program CSR setidaknya proses pembangunan di desa bisa terbantu, sehingga proses pelaksanaan pembangunan berjalan lancar. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *