Malam Tahun Baru | Jaga Keharmonisasian dan Ketertiban

bareskrimMEDAN | Pemerintah Kota Medan, mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Medan agar menjaga keharmonisasian umat dan menjaga ketertiban umum menjelang pergantian malam tahun 2013-2014.

Kemudian dihimbau untuk tidak menggunakan mercon atau petasan, dan saat berkenderaan patuhi peraturan lalulintas, tidak berkonvoi, tidak kebut-kebutan dan gunakan helm.

Pelaksana Tugas Walikota Medan, Dzulmi Eldin mengatakan, kepada masyarakat untuk senantiasa menumbuhkan rasa saling hormat dan menghargai. “Peran masyarakat sangat besar, siapa lagi yang manjaga kota kita ini, kalau tidak kita semua,” terang Eldin, di acara pertemuan silaturahmi Dewan penasehat, pengurus Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kota Medan dengan para Camat se Kota Medan, malam ini (28/12/2013).

Eldin menambahkan, pertemuan ini mengandung nilai positif dan strategis, diharapkan akan menjadi motivasi kita bersama dalam meningkatkan peran FKUB sebagai Kutub penyelamat terhadap konflik di Kota Medan, dan selaku ujung tombak dari pemerintah para Camat beserta jajarannya juga memiliki tugas untuk terus menciptakan keharmonisasian diwilayahnya masing-masing.

Menurutnya, kerukunan umat beragama adalah hubungan sesame umat beragama yang dilandasi dengan toleransi, saling pengertian, saling menghormati, saling menghargai dalam kesetaraan pengalaman ajaran agamanya dan kerja sama dalam kehidupan masyarakat dan bernegara, umat beragam dan pemerintah harus melakukan upaya bersama dalam memelihara kerukunan umat beragama di bidang pelayayan, pengaturan dan pemberdayaan.

“Saya melihat peranan FKUB dalam hal ini sangat penting dalam mensosialisasikan budaya saling pengertgian dan tenggang rasa tersebut ditengah-tengah kehidupan umat beragama di Kota Medan, dan saya yakin FKUB telah mempunyai komitmen teguh mendukung pemantapan harmonisaai sosial lewat pengembangan kebersamaan dalam perbedaan ditengah-tengah kehidupan warga, “ ujar Eldin.

Ketua FKUB Kota Medan, Palit Muda Harahap mengatakan, pertemuan ini penting dan minimal dilakukan satuh sekali, selainitu juga FKUB telah melakukan sejumlah kegiatan sesuai dengan program FKUB, baik itu dialog dengan pemuda KNPI, hal ini dilakukan agar para pemuda dekat dewngan agama sehingga nantinya mereka dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, selain itu juga melakukan dialog dengan para ulama guna meminta masukan dan nasehat guna mendukung tugas dan tanggung jawab FKUB.

“Kita akui di dalam jalan tugasnya FKUB banyak menghadapi permasalah sosial, namun semua itu dapat kita tasi brsama dengan jalan musyawarah, dan kami akui banyak juga kekurangan kami, untuk itulah dengan pertemuan seperti ini, kami mendapat masukan, nasehat dan kekuatan sehingga kekurangan tersebur dapat tertutupi, “ ujar Palit Muda Harahap. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *