Toba Pulp Bantu Material Perbaiki Tanggul Aekbolon

 

Direktur TobaPulp Juanda Panjaitan (tengah) diapit Camat Siantar Narumonda Janji Situngkir (pakai topi, 3 dari kiri) dan Wakil Ketua DPRD Tobasa Rahmat Kurniawan Manullang ST (menunjuk) berdiri diatas tanggul yang masih utuh, menyaksikan luberan banjir di atas sawah yang menjadi 'alur baru' Aekbolon.
Direktur TobaPulp Juanda Panjaitan (tengah) diapit Camat Siantar Narumonda Janji Situngkir (pakai topi, 3 dari kiri) dan Wakil Ketua DPRD Tobasa Rahmat Kurniawan Manullang ST (menunjuk) berdiri diatas tanggul yang masih utuh, menyaksikan luberan banjir di atas sawah yang menjadi ‘alur baru’ Aekbolon.

bareskrimPARMAKSIAN | TobaPulp, pekan lalu membantu material untuk memperbaiki tanggul Aekbolon di desa Narumonda I Kecamatan Siantar-Narumonda, Tobasa, yang jebol karena banjir, 27 Desember 2013.

Bantuan yang diserahkan langsung Direktur TobaPulp (PT Toba Pulp Lestari, Tbk), Juanda Panjaitan kepada Ketua Panitia Penanggulangan Bencana, Paruntungan Marpaung, berupa 1.000 karung berkapasitas 50 kg, 200 karung kapasitas besar 1.000 kg, 10 unit martil besar, 100 paket ransum untuk masyarakat yang bergotongroyong, serta dana tunai Rp50 juta.

Aekbolon dengan panampang normal 5 meter –salah satu anak sungai Asahan– adalah sumber pengairan bagi ratusan hektar persawahan masyarakat di empat desa, Narumonda I, II, III dan Siantar Sitio-tio yang didiami sekitar 140 kepala keluarga (KK). Mayoritas penduduk petani sawah, karena itu menggantungkan hidup dari hasil pertanian sawah.

Hujan besar –yang dalam waktu sebulan terakhir terjadi di hampir semua daerah di Sumatera Utara—menimbulkan banjir Aekbolon dan merobek tanggul sepanjang 166 meter, hingga menggenangi dan menjadikan 15 hektar sawah yang baru ditanami padi sebagai ‘alur baru’. Bila tidak segera ditanggulangi, ratusan hektar persawahan lainnya pasti terancan gagal panen.

Penduduk, dengan segala keterbatasan, melakukan perbaikan tanggul secara gotongroyong. Karung-karung diisi material tanah, batu atau pasir untuk menutup tanggul yang jebol setahap demi setahap.

Untuk itu diperlukan banyak material, diantaranya karung-karung plastik. ”Ini sebuah perjuangan, sekaligus menunjukkan kesatuan masyarakat,” kata Paruntungan Marpaung.

Camat Siantar Narumonda Janji Situngkir SH mengatakan, begitu musibah terjadi, panitia penanggulangan segera dibentuk. Semangat gotongroyong masyarakat ternyata tinggi dan membara.

Hanya, untuk menanggulangi jebolan tanggul sungai sepanjang ratusan meter, enerji masyarakat memang terbatas, karena itu diperlukan dukungan pihak lain, dan untuk itu pula pemerintah kecamatan berterima kasih atas uluran bantuan TobaPulp.

Beberapa pemuka masyarakat lokal juga menyampaikan hal serupa. Oppu Junita Panjaitan, misalnya, mengatakan dukungan TobaPulp sangat berarti, sedangkan Kepala Desa Narumonda-1 Tarigan Marpaung mewakili semua kepala desa (Narumonda-2 Manahan Marpaung, Narumonda-3 Januar Marpaung, Siantar Sitio–tio Lorensyah Sitompul) menyampaikan berbesar hati atas bantuan material yang sesuai kebutuhan dan diberikan pada waktu yang tepat.

Wakil Ketua DPRD Tobasa, Rahmat Kurniawan Manullang,ST mengatakan kepedulian perusahaan telah ikut memicu, memacu dan mengobarkan semangat gotongroyong masyarakat dalam mengatasi persoalan bersama.

Direktur TobaPulp Juanda Panjaitan mengatakan, perusahaan sepakat ikut bahu-membahu bersama masyarakat memperbaiki tanggul sungai diatas dasar ‘satu rasa dalam penderitaan’.

Dukungan perusahaan tidaklah cukup bersar berbanding luasnya kerusakan. Namun seberat apa pun persoalan, bila ditangani secara bersama dan atas dasar ‘satu rasa dalam penderitaan’, pekerjaan pasti terasa lebih ringan. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *