Kapolda | Sumut Siap Amankan Pemilu 2014

bareskrimMEDAN | Untuk mengamankan jalannya Pemilihan Umum (Pemilu) 9 April 2014, Polda Sumatera Utara menggelar gelar pasukan bertajuk Operasi Mantap Brata 2014.

Dalam apel yang berlangsung di Lapangan Mapolda Sumut, Rabu (5/2/2014), ribuan personel Polri siap mengawal dan mensukseskan Pemilu yang tertib, aman dan adil.

Dalam apel ini Kapolda Sumut menegaskan personelnya untuk menjaga netralitas selama proses Pemilu berlangsung.

Kapolda Sumut, Irjen Syarief Gunawan saat membacakan amanah Kapolri menyatakan, apel pagi tersebut merupakan konsolidasi dan gelar pasukan sebagai bagian Operasi Mantap Brata 2014.

Apel konsolidasi yang digelar di berbagai kesatuan wilayah dilaksanakan untuk mengecek kesiapan personel dan kelengkapan sarana prasarana Polri beserta unsur terkait, sebelum diterjunkan ke lapangan.

“Targetnya semua perencanaan yang telah kita persiapkan dapat berjalan dengan optimal demi suksesnya pengamanan Pemilu 2014,” kata Syarief Gunawan.

Lebih lanjut kehidupan demokrasi di Indonesia telah memberikan ruang kebebasan bagi masyarakat untuk berserikat, berkumpul dan menyampaikan pendapat yang dijamin oleh konstitusi, serta diberikan hak politik yang luas untuk terlibat dalam roda pemerintah.

Mengingat arti penting dan strategisnya pemilu bagi keberlangsungan kepemimpinan nasional, pemerintah dan pembangunan dalam mencapai tujuan bernegara, maka pada konteks inilah Polri sebagai penangung jawab keamanan dalam negeri, berkewajiban mengawal, menjaga dan mengamankan Pemilu 2014.

Hal ini dilakukan melalui manajemen keamanan yang terpadu dan komprehensif mengerahkan segala sumber daya yang ada serta memperkokoh kerja sama sinergis dengan penyelenggaraan pemilu, TNI, masyarakat dan mitra keamanan lainnya.

“Agar pesta demokrasi Pemilu 2014 dapat berlangsung aman, jujur, adil dan demokratis,” papar Kapolda.

Sehubungan dengan pelaksanaan operasi Mantap Brata tersebut, Mabes Polri menyiapkan 253.035 personel di seluruh daerah. Jumlah ini masih ada perkuatan dari TNI sebanyak 23.450 personel, ditambah 1.091.556 personel linmas di seluruh Indonesia.

Semua satuan pengamanan ini akan diterjunkan untuk mengamankan lebih kurang 186.172.508 pemilih yang tersebar di 545.778 TPS di seluruh Indonesia.

Menyampaikan amanah Kapolri, Kapolda Sumut menegaskan seluruh jajarannya, agar secara proaktif terus memperkokoh tugas polisional dengan penyelenggara Pemilu, TNI, masyarakat dan mitra keamananan lainnya demi kesuksesan pemilu 2014. Mabes Polri sudah melakukan pemetaan sebagai bentuk kerawanan pemilu di seluruh wilayah Indonesia.

“Saya tegaskan agar seluruh personel Polri tetap menjaga netralitas. Tidak berpihak kepada kelompok tertentu dalam memberikan pelayanan maupun tindakan lainnya selama berlangsungnya Pemilu 2014,” tegas Kapolda. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *