Kemenkominfo Bantu Logistik bagi Pengungsi Sinabung

bareskrimMEDAN | Gubsu menerima bantuan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika. Sebanyak 37 truk bantuan logistik dan bahan bangunan diberikan untuk diteruskan kepada pengungsi dampak erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo.

Serah terima ini berlangsung di halaman kantor Gubernur Sumatera Utara, Jl Diponegoro, Medan, Kamis (13/2/2014).

“Bantuan tersebut merupakan bantuan yang digalang oleh bersama operator telekomunikasi dan kalangan stasiun televisi dan radio seperti RCTI, Metro TV, PT XL Axiata, Indosat dan PT Telkom. Mudah-mudahan bantuan ini bisa meringankan beban saudara-saudara kita yang tengah ditimpa bencana letusah Sinabung,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Tifatul Sembiring saat melepas bantuan di halaman Kantor Gubsu.

Serah terima logistik ini untuk pertama kalinya dilaksanakan di halaman Kantor Gubernur Sumatera Utara di Jalan Diponegoro, Medan.

Usai penyerahannya, iring-iringan kendaraan berisi bantuan tersebut langsung diberangkatkan menuju Kabupaten Karo.

Selain menyerahkan bantuan, kunjungan Tifatul Sembiring juga untuk memastikan infrastruktur telekomunikasi dan jaringannya berfungsi secara normal di Kabupaten Karo.

Gubernur Sumut, Gatot Pujo Nugroho, yang menerima bantuan tersebut mengatakan berterimakasih atas kepedulian para donatur, khususnya yang dikoordinir Menteri Komunikasi Tifatul Sembiring, serta masyarakat telekomunikasi Indonesia atas masyarakat yang menjadi korban dampak erupsi Gunung Sinabung.

Dia mengatakan, saat ini pihaknya masih terus melakukan sosialisasi terhadap pengungsi lima desa yang akan direlokasi ke lokasi aman.

Gubsu menyampaikan, tugas yang sedang dilakukan Pemprovsu dan instansi terkait lainnya terhadap para korban erupsi Sinabung di Tanah Karo, melakukan sosialisasi di 5 masyarakat desa yang berada di radius 5 Km ke bawah tentang bahaya mereka tinggal di situ.

“Disamping aspek UU, masyarakat juga tidak dibenarkan tinggal di radius kurang dari 5 Km. Kemudian mengajak warga setempat agar siap direlokasi,” ucapnya.

Gubsu menyampaikan, kalau pihaknya bersama Pemkab Karo saat ini sedang mempersiapkan lahan untuk direlokasi terhadap masyarakat di 5 desa, sebanyak 1000 KK atau 8000 ribu jiwa.

“Tugas berikutnya mensosialisasikan kepada masyarakat yang berada di atas 5 Km, bahwa radius itu adalah aman. Sehingga mereka siap untuk pulang kembali ke tempat tinggal asalnya. Rencananya ada 4 desa yang akan kita pulangkan, atau dengan jumlah 1806 KK. Nantinya, saat mereka melakukan bersih-bersih terhadap rumahnya, pemerintah akan memberikan dana bantuan Rp 50 ribu per KK, ditambah jaminan hidup dari Kementerian Sosial RI Rp 6000 per jiwa, dan dari Menteri Pertanian memberikan bibit-bibit untuk pertaniannya,” papar Gubsu.

Menteri Tifatul Sembiring mengatakan, bantuan yang akan dibawa ke Kabanjahe dari halaman kantor Gubsu Jalan Diponegoro No 30 Medan sebanyak 37 truk yang berasal dari mitra-mitra kerja Kementerian Kominfo RI, seperti dari sejumlah perbankan, perusahaan operator telekomunikasi, perusahaan, TV, radio, serta lainnya.

“Sumbangan ini langsung diberikan kepada Pemprovsu atau Gubsu, untuk dikoordinasikan langsung ke bawah. Adapun nilai seluruh 37 truk ini sekitar Rp 10 miliar lebih. Mudah-mudahan bantuan ini bisa membantu para pengungsi erupsi Sinabung,” ucapnya. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *