EkonomiHeadlineIndeks

Bank Sumut Tangani Pembayaran 67 Ribu Pensiunan PTPN II, III dan IV

bareskrimMEDAN | Bank Sumut menjalin kerjasama strategis dengan Dana Pensiun Perkebunan (Dapenbun) yang akan melibatkan 67 ribu pensiunan perkebunan. Kerjasama dengan stakeholers potensial ini dalam upaya meningkatkan penghimpunan dana pihak ketiga sekaligus memperluas ekspansi kredit Bank Sumut.

Kerjasama strategis itu ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama Jasa Payroll untuk Penerimaan Dana Manfaat Pensiunan Perkebunan dan Penandatanganan Pembukaan Giro Penampungan Dana Manfaat Pensiun Dapenbun Cabang PTPN II, PTPN III dan PTPN IV.

Penandatanganan kerjasama disaksikan oleh Gubsu, Gatot Pujo Nugroho dilakukan oleh Direktur Pemasaran Bank Sumut Ester Junita Ginting dengan Direktur Utama Dapenbun Roswita Nila Kurnia, di Kantor Pusat Bank Sumut Jl Imam Bonjol 18 Medan, Kamis (20/2/2014).

Gubsu menyambut gembira kerjasama Bank Sumut dan Dapebun dalam rangka meningkatkan performa Bank Sumut dalam penghimpunan dana pihak ke tiga. Hal tersebut sejalan dengan upaya untuk menjadikan Bank Sumut sebagai Bank Regional Champion yang ikut mendorong pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Sumatera Utara.

Gubsu mengingatkan, untuk menjadi Bank Regional Champion, maka jajaran internal Bank Sumut harus menjalin soliditas. “Untuk menjadi bank regional mulai Dirut sampai tukang sapu harus menjadi tim yang satu. Ini harus menjadi teamwork yang solid,” imbuh Gubsu.

Turut hadir pada acara itu Direktur Operasional Dapenbun Dikdik Purwana dan Ketua Pengurus Besar P3RI RM Sitompul, serta Direktur SDM Dapenbun PTPN II, PTPN III dan PTPN IV dan PT PT Sarana Agro Nusantara (SAN).

Direktur Pemasaran Bank Sumut Ester Junita Ginting mengungkapkan, kerjasama yang dilakukan merupakan wujud sinergi yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak dalam memberikan manfaat dan pelayanan kepada masyarakat, khususnya para pensiunan perusahaan perkebunan negara.

Untuk tahap awal, kerjasama dengan Dapenbun diimplementasikan dengan sistem pembayaran manfaat pensiun kepada sekitar 67 ribu pensiunan perusahaan perkebunan negara yang tersebar di 60 kebun di 11 kabupaten/kota di Sumatera Utara.

“Sebagai agent of development, Bank Sumut hadir di kecamatan-kecamatan yang ada di Sumatera Utara, termasuk di antaranya 11 kantor cabang dan 60 kantor cabang pembantu di sekitar kawasan perkebunan tempat para pensiunan menetap, sehingga secara operasional Bank Sumut siap melayani masyarakat perkebunan di daerah ini,” ujar Ester.

Dengan kerjasama ini, katanya, diharapkan sebagian dana kelolaan Dapenbun sekitar Rp1 triliiun bisa ditempatkan di Bank Sumut untuk selanjutnya dapat disalurkan kembali dalam bentuk kredit produktif guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat pra pensiun dan pensiunan perkebunan.

Kerjasama strategis dengan Dapenbun akan dikembangkan lebih lanjut melalui program kredit produktif untuk pra pensiun dan pensiunan perkebunan. Serta kerjasama strategis dengan PTPN II, PTPN III, PTPN IV dan PT SAN, seperti sistem pembayaran payroll BUMN perkebunan, pembiayaan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) dan pembiayaan perkebunan sawit.

Dengan terjalinnya kerjasama ini, Bank Sumut nantinya juga akan melaksanakan Program Literasi Keuangan sebagaimana diamanatkan oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dalam rangka memberikan edukasi ke masyarakat perkebunan untuk menumbuhkan sikap bijak mengelola keuangan dan cerdas dalam memanfaatkan bank sebagai mitra dalam meningkatkan kesejahteraannya. (ucup/B)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
Close