Plt Walikota Medan | Lahan Pertanian Alami Ancaman Serius

bareskrimMEDAN | Plt Walikota Medan, Dzulmi Eldin mengungkapkan, lahan pertanian di Kota Medan mengalami ancaman yang cukup serius. Hal itu disebabkan pengalihan peruntukan menjadi pabrik, industri, perumahan maupun lainnya.

Kondisi ini terjadi akibat masih rendahnya nilai ekonomis dari lahan pertanian. Guna mengendalikan laju alih fungsi lahan, salah satu upaya yang dilakukan dengan pengembangan optimasi lahan melalui berbagai inovasi teknologi.

“Jadi, keberhasilan panen raya yang kita saksikan hari ini, secara langsung tentunya akan meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani. Tentunya ini pada gilarannya akan membuat petani kita akan membuat petani kita termotivasi untuk melindungi lahannya dari ancaman komersialisasi lahan,” ungkapnya, Sabtu (22/2/2014).

Atas dasar itulah Eldin menilai apa yang dilakukan kelompok tani di Kecamatan Medan Labuhan ini merupakan contoh yang bagus, sehingga perlu terus dikembangkan dan dicontoh ke berbagai wilayah di Kota Medan.

Pemko Medan akan terus memfasilitasi dan mendorong pengembangan peningkatan optimasi lahan. Di samping memperkuat ketahanan pangan juga untuk mendukung peningkatan produktifitas fungsi-fungsi lahan pertanian yang ada.

Sebelumnya, Kadistanla Kota Medan, Ahyar melaporkan, tujuan kegiatan optimasi ini dilakukan untuk memanfaatkan lahan sementara yang tidak diusahakan menjadi lahan pertanian produktif dan meningkatkan indkes pertamanan untuk memperluas areal tanam. Kemudian mendukung program peningkatan produksi beras nasional. Lalu, peningkatan produksi pertanian khusus padi untuk mendukung surplus 10 juta ton beras.

“Di samping itu untuk meningkatkan pemanfaatan sumber daya lahan pertanian, serta memperluas kesempatan kerja dan kesempatan berusaha di pedesaan,” ungkap Ahyar.

Guna mendukung terciptanya ketahanan pangan, Ahyar memaparkan pihaknya juga telah melaksanakan serangkaian kegiatan pada Tahun Anggaran 2013 yang bersumber dari dana APBD/APBN di Kecamatan Medan Labuhan, diantaranya pemberian bantuan tanaman hias, tanaman sayuran, rehabilitasi saluran air dan pemasangan pintu klep saluran air, pendampingan budidaya jamur tiram, bantuan tanaman jambu air, bantuan 2 unit hand tractor dan 1 unit power tresher. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *