Di Sumut | 750.085 Peserta UN SMA, SMP dan SD

bareskrimMEDAN | Sebanyak 750.085 peserta Ujian Nasional (UN) untuk semua jenjang satuan pendidikan tahun 2014 di Provinsi Sumatera Utara. Untuk SMA/MA/SMK akan diikuti 205.447 orang terdiri dari SMA diikuti 99.584 orang, MA berjumlah 20.822 orang dan SMK 85.041 orang.

Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Utara Drs Mohammad Zein MSi menjelaskan, untuk tahun ini mengalami peningkatan jumlah dari tahun lalu.

Untuk jenjang SMP 199.386 orang, MTs 52.528 orang, SMPT 924 orang, SMPLB 31 orang, sehingga totalnya berjumlah 252.869 orang. Selanjutnya peserta SD 275.099 orang, MI 16.508 orang dan SDLB 162 orang, totalnya 291.769 orang.

Sedangkan, untuk ujian paket kesetaraan akan diikuti sebanyak 7.822 orang meliputi peserta paket A berjumlah 584 orang, paket B sebanyak 2.959 orang. Dan paket C berjumlah 4.379 orang.

Seperti diketahui tahun lalu, jumlah peserta UN SMA/MA dan SMK mengalami peningkatan rata-rata 2.000 orang. Namun pihaknya telah mengantisipasi dan siap melaksanakan UN tahun ini dengan persiapan yang lebih mantap dan tetap berkoordinasi dengan Kemendikbud RI.

Untuk mengantisipasi keterlambatan naskah soal UN dan Lembar Jawaban UN, Disdiksu nantinya akan menginformasikan kepada percetakan agar mengirimkan naskah soal dan LJUN paling lambat 1 minggu sebelum dilaksanakan.

Hal itu dimaksudkan untuk mengatasi kekurangan naskah soal dan LJUN yang akan didistribusikan ke Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota se Sumut dan lebih mengoptimalkan pengawasan instansi terkait sebagai upaya untuk menjaga kerahasiaan naskah soal, agar sampai ke tujuan dengan selamat dan tepat waktu di kabupaten/kota.

Kadisdiksu berharap, agar Dinas Pendidikan Kab/Kota bersiap diri menghadari pelaksanaan UN yang waktunya sangat singkat. Selain itu meminta jajaran Dinas Pendidikan Kab/Kota agar senantiasa menjaga kerahasiaan naskah soal dan meminimalisir terjadinya kebocoran hasil UN tahun ini.

Zein menambahkan, UN 2014 tingkat SMA dan SMP sederajat dibagi 8 regional. Provinsi Sumut berada di region 1 bersama Provinsi Aceh, Sumbar, Kepri dan Riau. Percetakan penggadaan naskah soal dan LJUN yang memenangkan tender di Bandung rencananya akan menyewa gudang penyimpanan naskah soal sementara.

“Tidak tertutup kemungkinan pula akan melakukan hal yang sama di provinsi lainnya untuk bisa lebih memantau pendistribusian naskah soal dan LJUN dan pada 24 Februari ini semua master soal UN sudah bisa diserahkan kepada percetakan pemenang tender. Jika tidak ada sanggahan, maka soal UN 2014 pun akan dicetak,” jelasnya.

Sesuai informasi di Kemendikbud menyebutkan, tahun lalu disiapkan 20 paket soal untuk UN. Sedangkan untuk 2014 disiapkan lebih banyak lagi paket soal yang jumlahnya bisa mencapai hingga 160 paket.

“Kepada peserta UN para siswa SMA/MA dan SMK diimbau untuk bersungguh-sungguh belajar yang tekun dalam menghadapi ujian,” ujar Zein seraya meminta PLN untuk tidak melakukan pemadaman listrik menjelang pelaksanaan ujian berlangsung, mengingat tidak semua sekolah mempunyai mesin genset dan pihaknya akan mengirimkan surat permohonan ke PLN. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *