Harga Tomat Melambung Dua Kali Lipat

bareskrimKUTACANE | Erupsi Gunung Sinabung berdampak pada distribusi kebutuhan pokok masyarakat. Tidak hanya di Sumut, dampaknya juga terimbas ke Kabupaten Aceh Tenggara (Agara). Harga kebutuhan pokok di Agara naik dua kali lipat.

Seperti harga tomat yang biasa para pedagang menjual Rp 4000/kilogramnya sekarang melambung ke level Rp 7000/kilogramnya.

Pantauan wartawan, Selasa (25/2/2014), di Pasar Tradisional Kutacane, harga salah satu kebutuhan pokok seperti tomat emang cukup mahal hingga Rp 7000/kg. “Kejadian ini sudah berlangsung dalam sepekan di Agara. Pengakuan para pedagang, ini merupakan dampak dari erupsi Sinabung,” ujar Erna, salah satu pedagang di Kutacane.

Menurutnya, gimana ngak mahal dijual sementara pasokan dari Tanah Karo berkurang akibat erupsi Gunung Sinabung. “Pengambilan kamipun cukup mahal. Biasanya tomat dijual tomat 1 Kg hanya Rp 4000 sekarang ngak bisa kami jual lagi seperti biasa. Karena harga tomatpun naik menjadi Rp 7000/Kg. Ini sudah cukup murah,” ujarnya.

Bulan-bulan yang lalu sempat terjadi kenaikan lebih mahal lagi. Harga tomat 1 Kg mencapai Rp 11.000/Kg. “Dan, ini sudah lumanyan turun,” katanya. (ijal/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *