EkonomiHeadlineIndeks

BUMN akan Bangun Tol Trans Sumatera

bareskrimJAKARTA | Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa menyatakan akan menugaskan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membangun tol Trans Sumatera.

Keputusan penugasan BUMN membangun Tol Trans Sumatera berdasarkan rapat koordinasi dengan Menteri Pekerjaan Umum dengan Menteri Sekretarus Kabinet. “Penugasan BUMN dan APBN bisa saja, tapi kita ingin proses good corporate governance benar. Supaya persiapan kita solid dan supaya itu berjalan,” ujar Hatta, Rabu (26/2/2014).

Hatta mengatakan pembangunan Tol Trans Sumatera ada sedikit perubahan terutama alokasi dana pembangunan dan Internal Rate of Return (IRR).

“Soal tol Trans Sumatera intinya tol ini tetap kita bangun, tapi ada perubahan IRR-nya karena itu nanti menyangkut seberapa besar dana yg dibutuhkan. Dana yang tersedia baru dalam bentuk dialokasikan,” jelas Hataa.

Penugasan ke BUMN, lanjut Hatta, nantinya Menteri Pekerjaan Umum yang akan menangani BUMN yang akan mengelola tol tersebut. Penangan terutama pada beberapa opsi yang akan dilakukan bila BUMN mandeg ditengah jalan.

“Menteri PU waktu dekat akan memperbaiki terhadap penugasan itu. Jangan sampai penugasan BUMN gak ada opsi lain kalau berhenti. Kalau berhenti ada opsi lain. Ini sedang dipersiapkan GCGnya agar kuat solid,” paparnya.

Dari 23 ruas akan ada empat ruas yang segera ada Untuk tahap awal akan segera dibagun 4 ruas jalan tol Sumatera yakni, ruas Medan-Binjai dengan panjangan 16,8 km, ruas Pekanbaru-Dumai dengan panjang 135 km, ruas Palembang-Inderalaya dengan panjang 22 km dan Bakauheni Lampung sampai Terbanggi Besar dengan panjang 150 km. (inl/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TRENDING
Close
Back to top button