Hore! Pengurusan Akte Kelahiran di Agara Gratis

Kabid Catatan Sipil Kabupaten Aceh Tenggara (Agara), Firman Desky SSTP MAP.
Kabid Catatan Sipil Kabupaten Aceh Tenggara (Agara), Firman Desky SSTP MAP.

bareskrimKUTACANE | Terhitung mulai tanggal 1 Januari 2014, pengurusan akte kelahiran dibebaskan dari biaya alias gratis.

Kabid Catatan Sipil Kabupaten Aceh Tenggara (Agara), Firman Desky SSTP MAP kepada wartawan, Sabtu (1/3/2014), mengatakan, masyarakat Kabupaten Aceh Tenggara tidak perlu lagi susah dalam pengurusan akte kelahiran, karena sekarang sudah gratis tidak ada dikenai biaya apapun terhitung mulai tanggal 1 Januari 2014.

“Menurut Undang-undang No 24 tahun 2013 tentang perubahan Undang-undang No 23 tahun 2006 mengatakan, pelayanan administrasi catatan sipil gratis tidak ada kutipan biaya apapun,” ujarnya.

Yang penting dalam pengurusan akte kelahiran masyarakat harus melengkapi persyaratan utama yang diberlakukan, seperti salah satu ijazah orang tua, fotocopy KK, buku nikah, surat bidan, fotocopy KTP suami/istri dan fotocopy KTP saksi dua orang harus dipersiapkan.

“Apalagi, isu diluar yang kami dengar bahwa sekarang ini dalam penguran akte kelahiran harus membayar uang. Isu seperti itu tidaklah benar, masyarakat jangan mudah percaya dengan isu yang tidak benar. Itu adalah salah satu isu yang untuk memperjelekan instasi kami,” cetusnya.

Dinas Catatan Sipil Kabupaten Agara mengingatkan kepada staf/pegawai bekerjalah dengan baik, jangan sampai ada masyarakat yang dipersulikan.

“Kalau masyarakat yang belum mengerti tolong dijelaskan dan kasih tahu persyaratan apa aja yang harus dipersiapkan. Saya mengimbau kepada masyarakat jangan mudah percaya dengan isu yang tidak bertanggungjawab. Kalau ada yang membilang dalam pengurusan akte kelahiran harus membayar itu tidak benar,” tegasnya. (ijal/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *