EdukasiHeadlineIndeks

ITM Tampilkan Mobil Pengembangan Ganteng di PRSU

bareskrimMEDAN | Institut Teknologi Medan (ITM) menampilkan salah satu produk keunggulannya berupa mobil pengembangan mobil konsep mereka yang diberi nama Mobil Ganteng versi 2014 di Arena Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) ke- Tapian Daya Jalan Gatot Subroto selama satu bulan.

Ditampikan mobil pengembangan ganteng versi 2014 di kegiatan PRSU, sebagai wahana untuk mempromosikan mobil irit energi yang dirakit atau dibuat mahasiswa-mahasiswa Institut Teknologi Medan (ITM) bekerjasama dengan dosen pembimbing selingkungan untuk diperkenalkan kepada para masyarakat yang mengunjungi stand ITM.

Selain itu juga menyebarkan informasi dan promosi kepada para masyarakat dan calon mahasiswa yang ada di Kota Medan dan juga calon mahasiswa berasal dari luar propinsi Sumatera Utara.

Rektor ITM Prof Dr Ilmi Abdullah MSc melalui Kahumas ITM M Vivahmi Manafsah SH MSi mengatakan kepada wartawan di arena PRSU, kemarin.

Menurutnya, sebenarnya pada PRSU kali ini, ITM akan menampilkan dua unit mobil, akan tetapi berhubung waktu yang terlalu singkat ,sementara untuk perakitan mobil sedang dikerjakan makanya kita tidak jadi mengirimklannya

“Kita tidak dapat menampilkan dua mobil irit energy,” katanya seraya berhatap pada -tahun mendatang keduanya dapat ditampilkan kepada masyarakat.

Katanya, untuk mematangkan kemampuan rencananya Mobil Ganteng ini akan mengikuti even bertajuk Indonesia Energy Marathon Challenge (IEMC) 2014.

Pada tahun 2014 dan dipersiapkan untuk menghadapi Shell Eco Marathon (SEM) Asia Internasional 2015 mendatang. optimistis mobil berbobot 150 kilogram untuk urban gasoline, 80 kilogram untuk proto gasoline dan proto listrik ini mampu bersaing tahun ini.

Tim ini akan turun pada kelas Urban Gasoline serta dua mobil dikelas Proto Gasoline dan Proto Listrik. Berpegang pada pengalaman tahun 2013 pada kelas Urban Gasoline yang hanya mampu menjadi finalis, Tim ini terus berbenah untuk mencapai hasil yang lebih maksimal.

Dari hasil uji tahun sebelumnya Mobil Urban Gasoline baru mampu mencapai hasil 180 km/liter bahan bakar. Target Tahun ini harus 300 km/liter bahan bakar.

Beberapa hal yang dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut adalah rekayasa engine, bobot mobil yang lebih ringan dengan aspek kekuatan material yang kuat serta mobil yang lebih airodinamis.

Di tempat terpisah, Yayasan Dwi Warna dan Rektor Institut Teknologi Medan Prof Dr Ir Ilmi Abdullah MSc mengapresiasi pengembangan yang dilakukan anak didiknya dan mengharapkan tim ini tidak hanya bersaing di ajang nasional saja, malainkan di ajang Internasional.

Ke depan diharapkan mahasiswa ITM terus mampu menggali potensi yang ada dan senantiasa menciptakan inovasi terbaru dan terkini yang dapat bermanfaat bagi kelangsungan hidup orang banyak dan berguna bagi bangsa dan negara rercinta ini. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TRENDING
Close
Back to top button