Pembobol Mesin ATM BCA Diringkus

MEDAN | Subit III/Umum Direktorat Reserse Kriminal Umum ( Ditreskrimum) Poldasu mengamankan 4 tersangka pencurian Mesin ATM BCA di halaman parkir Yamaha Alfa Milenium, Jalan Kapten Sumarsono No 180 yang terjadi pada 27 Januari 2014 lalu. Satu dari empat tersangka tersebut diketahui seorang disersi TNI.

bareskrimKeempat tersangka Santoso (36) warga Desa Suka Sari Kecamatan Pegajahan Kabupaten Sergai, Harif Fadillah (42) warga Jalan Kebun Lada Asrama 121 Binjai, Juntar Halomoan Siregar (36) warga Jalan Perintis Dusun II Desa Tembung Kecamatan Percut Seituan, Zulbahri (34) warga Jalan Sayur Rambungan II Desa Bandar Kliffa diamankan di lokasi berbeda, Selasa (15/4/2014).

Tak hanya empat pelaku, pihaknya juga mengamankan 2 orang penadah Rubi Suhendra Siregar (35) warga Jalan Bersama Bandar Setia Kecamatan Percut Seituan dan Salihin (32) warga Jalan Gaharu Kecamatan Medan Timur.

Direktur Ditreskrimum Polda Sumut, Kombes Pol Dedy Irianto didampingi Kasubdit III/Umum AKBP Rudi Rifani, Rabu (16/4/2014) menyatakan, terungkapnya kasus ini berawal dari ditangkapnya 2 tersangka, Santoso (36) dan Harif Fadillah (42) di Hotel Gudang Garam Pantai Cermin Sergai.

Hasil pemeriksaan, kedua tersangka ini merupakan kawanan perampok yang menggasak kantor Dinas Parawisata di RS Haji Desa Medan Estate pada 27 Januari 2014 lalu. “Dari pengembangan di lapangan dua penadah barang curian tersebut dapat ditangkap,” ujarnya.

Setelah melakukan pengembangan, pihaknya kemudian berhasil mengamankan dua tersangka lainnya yaitu Juntar Halomoan Siregar alias Regar (36) dan Zulbahri (35).

“Dari tersangka dan penadah ini kita amankan uang ratusan, 1 mobil X trail BK 51 DN , Toyota Avanza 1362 QY , enam unit HP berbagai merk dan 7 unit komputer,” ungkapnya.

Dari pengakuannya, tersangka ini telah beberapa kali melakukan aksi pencurian maupun perampokan periode Februari hingga Maret 2014. “Ada beberapa aksi yang mereka lakukan diantaranya, pencurian di rental PS di Pasar III Tanjung Sari, pencurian 3 unit PS di sebuah rumah di Desa Tandem Hulu, pencurian 6 komputer warnet di KM 19 Jalan Binjai, pencurian 10 komputer di warnet Pasar II Pinang Baris, 20 pasang sepatu di Toko Sepatu Jalan Meteorologi Lau Dendang dan pencurian mesin ATM BCA,” ujarnya.

Dikatakannya, saat ini pihhaknya masih memburu 3 tersangka lainnya. “Kawanan perampok ini grupnya banyak, lebih dari 3 komplotan dan mereka kerap berpindah-pindah tempat,” ujarnya. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *