LPMP Sumut Berperan Sukseskan Kurikulum 2013

MEDAN | Esensi implementasi kurikulum 2013 bagi Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sumatera Utara sangat besar, salah satunya berperan aktif menyukseskan program Kemendikbud itu agar terbentuk lulusan peserta didik yang memiliki sikap dan pengetahuan agar tercipta generasi emas Indonesia 2045.

Kepala LPMP Sumut Drs Bambang Winarji MPd meminta dukungan para guru dan pemangku kepentingan lainnya di Sumut agar bisa membangun peradaban yang unggul dengan menghasilkan anak didik yang memiliki kompetensi secara utuh mencakupi sikap, pengetahuan dan keterampilan.

Menurutnya, kurikulum 2013 yang mulai dilaksanakan di Juli 2014 ini, Kemendikbud baru mempersiapkan prasarana dan sarana pendidikan seperti pelatihan guru sebagai salah satu faktor pendukung keberhasilan program itu.

“Pemerintah senantiasa mengedepankan guru untuk dilatih dan dibekali pengetahuan berbasis kurikulum 2013 dengan berbagai pelatihan,” jelasnya.

Beberapa kebijakan dan program yang telah ditetapkan itu antara lain, pendidikan dan pelatihan guru berkelanjutan, penerapan kurikulum 2013 dan rehabilitasi sekolah yang rusak. Sesuai data terdapat 37 ribu guru tahun ini akan dilatih sebagai guru pendamping dari implementasi kurikulum 2013.

Melalui penerapan kurikulum 2013 ini, secara bertahap dan menyeluruh tahun ajaran ini merupakan momentum untuk meningkatkan kapasitas dan profesionalitas guru, kepala sekolah dan pengawas.

Selain itu, pemerintah juga menyiapkan pendukung lainnya yakni buku tematik mulai dari jenjang SD, SMP dan SMA sederajat. Kemajuan informasi dan teknologi (IT) juga menjadi pendukung bagi kelangsungan kurikulum 2013 ini, karena program Kemendikbud dapat diakses ke daerah.

Namun, sangat disayangkan ucap Bambang berharap dengan kurikulum 2013 ini, pemerintah dapat menentukan arah kebijakan pendidikan yang lebih baik. “Otonomi pendidikan prlu ditegaskan lagi, karena banyak yang tidak link beberapa program dan pembangunan pendidikan di daerah yang tak berjalan,” paparnya.

Dalam hal sertifikasi guru, LPMP juga saat ini sedang melakukan pemberkasan data guru yang sudah memasuki tahap 99 persen. Sedikitnya terdapat 11 ribu guru untuk satuan pendidikan mulai TK, SD, SMP, SMA dan SMK tahun ini akan dilakukan sertifikasi.

Di tahun 2014 ini pula, LPMP ditunjuk sebagai Unit Implementasi Provinsi (UIP) yang bertugas untuk memantau dan mengawal kurikulum pendidikan di Sumatera Utara.

Disamping itu, LPMP juga dipercayakan mendapat tugas sebagai supervisor dalam monitoring dan evaluasi (monev) pada pelaksanaan ujian nasional (UN) SMP. Sebanyak 101 orang petugas, terdiri dari 99 orang sebagai pemantau sekolah di 33 kabupaten/kota dan pemantau provinsi berjumlah 2 orang. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *