SBMPTN 2014 Dibuka | USU Terima 2.302 Mahasiswa Baru

MEDAN | Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun 2014 yang diikuti oleh 64 Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia telah dimulai sejak kemarin, USU akan menampung 2.302 mahasiswa baru. Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman www.sbmptn.or.id, atau http://pendaftaran.sbmptn.or.id.

bareskrimKetua Panitia Lokal (Panlok) 15 Medan-USU Prof Ir Zulkifli Nasution MSc PhD didampingi Sekretaris Ir Saipul Bahri Daulay MSi, Koordinator Bidang Humas Panlok USU Bisru Hafi SSos MSi dan Koordinator Bidang TIK Ikhsan Siregar ST MEng kepada wartawan di kampus USU, Senin (12/5/2014), menjelaskan, tata cara pendaftaran SBMPTN 2014 ini mengalami perubahan.

“Peserta terlebih dahulu registrasi untuk mendapatkan KAP (Kode Akses Pendaftaran) dan PIN (Personal Indentification Number). KAP dan PIN tersebut digunakan untuk login, yang kemudian mengisi form pendaftaran,” paparnya.

Setelah mendaftar peserta diminta mencetak Bukti Pendaftaran untuk dibayarkan ke Bank Mandiri. Ketika melakukan pembayaran, peserta tersebut harus login kembali dengan menggunakan KAP dan PIN untuk mencetak Kartu Ujian.

“Jadi KAP dan PIN jangan sampai hilang, perubahan lainnya adalah pada pemilihan kelompok ujian (pada saat proses pendaftaran), dimana kelompok ujian ditentukan berdasarkan program studi yang dipilih,” tambahnya.

Prof Zulkifli Nasution menambahkan, melalui seleksi ini, USU akan menerima sebanyak 30% dari daya tampung atau setara dengan 2.302 calon mahasiswa baru yang akan menempati kursi pada 47 program studi S-1 reguler di PTN ini.

Secara rinci dijelaskannya SBMPTN bertujuan untuk mencari dan menjaring calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan studi di PTN dengan baik, dan memberi peluang bagi calon mahasiswa untuk memilih lebih dari satu PTN lintas wilayah.

SBMPTN dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia dengan persyaratan pendaftaran: Lulus dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara tahun 2012, 2013, dan 2014, memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak menganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya. Selanjutnya untuk Panduan Pendaftaran SBMPTN Tahun 2014 secara lengkap dapat dilihat pada laman http://download.sbmptn.or.id.

Ujian tertulis dijadwalkan akan dilaksanakan pada 17 Juni 2014 (satu hari saja) dengan kelompok Ujian terdiri dari Saintek, Soshum, dan Campuran. Peserta dapat memilih program studi sesuai dengan kelompok ujian yang diikuti dengan jumlah pilihan program studi sebanyak-banyak 3 (tiga) pada masing-masing kelompok ujian tersebut. Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.

Bagi peserta ujian yang hanya memilih 1 (satu) program studi saja dapat memilih program studi di PTN manapun, sedangkan peserta yang memilih 2 (dua) program studi atau lebih, salah satu pilihan program studinya harus berada pada PTN di tempat peserta tersebut mengikuti ujian.

Untuk calon peserta penerima Bidikmisi terlebih dahulu mempelajari prosedur pendaftaran program Bidikmisi melalui laman http://bidikmisi.dikti.go.id.

Adapun biaya seleksi SBMPTN 2014 ini mengalami penurunan hanya Rp.100 ribu,- (seratus ribu rupiah) saja untuk semua kelompok ujian tersebut, dan biaya ini juga sudah termasuk biaya ujian keterampilan dibayarkan ke Bank Mandiri, baik melalui teller ataupun melalui fasilitas layanan lainnya seperti SMS/Internet Banking, Kantor Pos setempat atau ATM Bersama.

Hingga hari pertama, jumlah pendaftar SBMPTN Panlok Medan USU baru mencapai 206 orang (Kelompok Saintek 88, Soshum 64, dan Campuran 54), sedangkan peserta yang sudah mencetak Kartu Ujian sebanyak 42 orang (Saintek 27, Soshum 11 dan Campuran 4)
Hasil ujian bagi seleksi ini akan diumumkan pada 16 Juli 2014 pukul 17.00 WIB melalui laman http://www.sbmptn.or.id. Sedangkan untuk hasil SNMPTN dijadwlkan akan diumumkan pada tanggal 27 Mei 2014 melalui laman www.snmptn.ac.id. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *