TP PKK Berperan Dongkrak Keberhasilan Program KKB

MEDAN| Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) turut berperan dalam memberdayakan keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan, turut berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia.

bareskrimKarena itu, peran PKK dipandang sangat penting dalam mendongkrak keberhasilan progam Kependudukan dan Keluarga Berencana (KB) termasuk di Sumatera Utara.

Maka, dalam peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 21 yang jatuh pada 14 Juni 2014, di Surabaya, dari Sumut sendiri mendelegasikan 4 Ketua TP PKK Kab/Kota yang akan menerima penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK).

Rencananya penghargaan itu diberikan oleh Kepala BKKBN Pusat Prof Fasli Jalal, karena PKK memiliki kepedulian yang tinggi dalam kegiatan program KB.

Adapun TP PKK Kab/Kab yang akan menerima penghargaan itu masing-masing Hj Normaida Raja Bonaran Situmeang sebagai Ketua TP PKK Tapteng, dr Erunita Anggraini Tarigan SpKK Ketua TP PKK Simalungun, Rusmiati R Hulman Sitorus Ketua TP PKK Pematang Siantar dan Dra Hj Delmeria Sikumbang Ketua TP PKK Sibolga.

Selain mereka, sebut Sekretaris Perwakilan BKKBN Sumut Drs Datang Sembiring MPHR, penghargaan Manggala Karya Kencana juga diberikan kepada Bupati Tapteng Raja Bonaran Situmeang SH MHum, Bupati Labuhan Batu dr H Tigor Panusunan Siregar SpPD dan Bupati Tapsel H Syahrul M Pasaribu.

“Mereka baik Bupati dan TP PKK memberikan keteladanan yang maksimal,” ujar Datang didampingi Kasubid Adpin Anthony SSos.

Ia menambahkan, dalam peringatan Harganas tersebut juga ada 12 pemenang lomba dalam program Keluarga Berencana (KB) dari berbagai bidang akan menerima penghargaan Manggala Karya Kencana dari Sumut.

Adapun penerima penghargaan Manggala Karya Kencana untuk pemenang lomba masing-masing Siti Rahmah MN SKM sebagai peserta lomba PLKB/PKB Teladan Prawira Kencana Utama dari Serdang Bedagai (Sergei), Salikin peserta lomba IMP (PPKBD) Sewagati Kencana Utama dari Deli Serdang, Wildan Hasibuan dan Khairani Nasution peserta lomba pasangan KB Lestari 10 tahun dari Sergai. Azhari dan Syarifah peserta lomba pasangan KB Lestari 15 tahun dari Medan, Rajab dan Sulasmiah peserta lomba pasangan KB Lestari 20 tahun dari Deli Serdang.

Untuk peserta lomba/temu kader Bina Keluarga Balita (BKB) yang mendapat penghargaan Manggala Karya Kencana yaitu Titin Sumarni dari Binjai, Robinson Tambunan peserta lomba/temu kader Bina Keluarga Remaja (BKR) dari Tobasa, Markilah peserta lomba/temu kader Bina Keluarga Lansia (BKL) dari Deli Serdang.Saljon Nainggolan peserta lomba/temu kader PPKS dari P Siantar, Sofyan Harahap peserta lomba motivator KB Pria dari Medan, H Yofi Arman peserta lomba KB Perusahaan dari PT.Lonsum Simalungun dan Roahma Sitanggang SST SKM peserta lomba Bidan Praktek Mandiri dari Medan.

Sementara Kabid Adpin (Advokasi Penggerakan dan Informasi) Perwakilan BKKBN Sumut Rosmawati mengatakan, kriteria pemenang dan menerima penghargaan itu dilakukan oleh pusat. “Seperti KB Lestari, apakah kontiniu memakai alat kotrasepsi yaitu Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP), aktif di masyarakat dan melakukan sosialisasi KB dan lainnya,” ujarnya.

Di perwakilan BKKBN Sumut, sambungnya, data peserta yang masuk akan dilakukan rekapitulasi lalu dinominasi dengan skor tertinggi. “Kita juga melakukan penilaian dengan peninjauan langsung ke lapangan untuk melihat kegiatan yang dilakukan peserta,” kata Rosmawati. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *