Kopertis Wilayah I dan Pimpinan PTS Berkunjung ke UniMAP

MEDAN | Koordinator Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah I Sumatera Utara (Sumut) Prof Dr Dian Armanto bersama sejumlah pimpinan perguruan tinggi swasta (PTS) di Medan, berkunjung ke Universiti Malaysia Perlis (UniMAP) pada tanggal 17-18 Juni 2014.

bareskrimKunjungan tersebut dimediasi oleh Prof Zulkarnain Lubis yang sekarang menjadi Visiting Professor (guru besar tamu) di UniMAP Perlis Malaysia.

Turut dalam kunjungan ke Negara jiran itu, Rektor Insitut Teknologi Medan (ITM) Prof Dr Ilmi Abdullah MSc, Ketua Yayasan IT&B Dr Agus Susanto, Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Dr Agussani MAP, Rektor Universitas Pembangunan Panca Budi (Unpab) Dr HM Isa Indrawan SE MM, Rektor Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) Dr H Mhd Asaad MSi, dan Wakil Rektor III Universitas Medan Area (UMA) Ir H Zulhery Noer MP.

Visiting Proffesor UniMAP Prof Zulkarnain Lubis mengatakan, delegasi Kopertis Wilayah I Sumut diterima langsung Vice Chancellor UniMAP Datuk Brigjen Prof Dr Kamaruddin Hussin didampingi para dekan di lingkungan UniMAP.

Delegasi kemudian dibawa keliling kampus salah satu universitas terbaik di ASEAN itu. Walau tak bisa semua dikunjungi karena kampus UniMAP tersebar di seluruh negeri Perlis tersebar di 30 lokasi kampus. Namun delegasi Kopertis sempat berkunjung ke perpustakaan pusat yang merupakan perpustakaan online terbaik di Malaysia.

“Delegasi kemudian mengelilingi laboratorium-laboratorium yang dimiliki UniMAP, dan menyaksikan sebagian galeri hasil karya dosen dan mahasiswa UniMAP seperti robot dan mesin-mesin. Seterusnya mengunjungi asrama mahasiswa yang lengkap dan mewah yang baru dibangun baik mahasiswa lokal maupun asing yang bisa menampung seluruh mahasiswa UniMAP,” kata Zulkarnain yang juga dosen Kopertis Wilayah I Sumut.

Ditempat lainnya yang dikunjungi, kata Zulkarnain, adalah Kebun Harumanis UniMAP yang menghasilkan harumanis kualitas ‘premium’. Dalam kunjungan ini, Prof Dian Armanto dan rombongan sempat mencicipi buah harumanis yang manis dan lembut.

“Ini buah khas Perlis. Tanaman tersebut ditanam dan dipelihara dengan teknologi tinggi dimana suhu, kelembaban, cahaya, dan air yang terkontrol serta dibudidayakan secara organik, sehingga dapat diatur kapan berbuah dan panennya,” kata Zulkarnain yang mendampingi delegasi Kopertis selama di Malaysia.

Dalam pembicaraan antara pihak UniMAP dan delegasi Kopertis, katanya, disepakati 7 poin yang akan ditindaklanjuti. Pertama, seminar internasional bersama yang akan menjadi agenda tahunan. Kedua, upaya peningkatan akses dan pelatihan para dosen dalam pembuatan artikel ke jurnal internasional.
Ketiga, kerjasama pendidikan S2 khususnya untuk engineering dan bisnis. Keempat, kerjasama kegiatan kemahasiswaan. Kelima, kerjasama penelitian. Keenam, pemanfatan dosen UniMAP untuk menjadi dosen tamu di PTS-PTS di jajaran Kopertis Wilayah I Sumut, dan ketujuh, kegiatan pertukaran kebudayaan.

Seusai meninjau berbagai sudut kampus UniMAP, pada malam harinya, Vice Chancellor UniMAP Datuk Brigjen Prof Dr Kamaruddin Hussin mengadakan jamuan makan malam dan dihibur oleh grup musik UniMAP. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *