Pemko Medan Didorong Maksimalkan Kuliner Jadi Daya Tarik Wisata Sumut

MEDAN | Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Ir H Tengku Erry Nuradi MSi mendorong Pemerintah Kota (Pemko) Medan memaksimalkan potensi kuliner dalam upaya menarik tingkat kunjungan wisatawan. Kebangkitan kuliner sejalan dengan memberdayakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

KULINER. Wagubsu Tengku Erry Nuradi mengunjungi sejumlah gerai kuliner usai pembukaan Event Kuliner Kota Medan di Lapangan Benteng Medan, Kamis (19/6/2014).
KULINER. Wagubsu Tengku Erry Nuradi mengunjungi sejumlah gerai kuliner usai pembukaan Event Kuliner Kota Medan di Lapangan Benteng Medan, Kamis (19/6/2014).

bareskrimHal itu disampaikan Wagubsu Tengku Erry Nuradi usai membuka Event Kuliner Kota Medan yang berlangsung di Lapangan Benteng Medan, Kamis (19/6/2014). Event Kuliner Kota Medan tersebut dilaksanakan oleh Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Medan.

Dalam acara pembukaan, hadir Walikota Medan H. Tengku Dzulmi Eldin, M.Si, Ketua Badan Pimpinan Pusat (BPP) HIPMI Pusat Raja Sapta Oktohari, Ketua Badan Pimpinan Daerah (BPD) BPD HIPMI Sumut Firsal Ferial Mutiara, Ketua Badan Pimpinan Cabang (BPC) HIPMI Medan Afif Abdillah, Dandim 0201/BS Letkol Kavaleri Setiawan Arismunandar, Mantan Walikota Medan Abdillah AK. MBA dan jajaran pejabat Pemko Medan lainnya.

Erry menyatakan, tiap daerah di Sumut harus memiliki ciri khas tersendiri yang dapat dikembangkan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kota Medan sebagai ibukota Provinsi Sumatera Utara (Sumut) memiliki potensi dalam bidang pengembangan kuliner yang dapat menarik tingkat kunjungan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

“Tidak sekadar mendorong pertumbuhan pengusaha kuliner, namun Pemko juga harus mengemas berbagai event secara berkala yang dapat menarik kehadiran wisatawan domestik dan internasional. Setidaknya, wisawatan memiliki agenda tersendiri untuk datang ke Medan karena adanya event kuliner,” sebut Erry.

Bukan suatu hal yang mustahil, jika Pemko Medan bersama pelaku usaha kuliner menggelar lomba berskala internasional dengan melibatkan sejumlah negara sahabat. Event tersebut tidak hanya efektif mengenalkan makanan khas daerah Sumut, tetapi juga selaligus menjadi ajang silaturahmi negara tetangga serumpun.

“Saya rasa, lidah masyarakat negara Asia tidak lebih sama. Tetapi memiliki ciri khas tersendiri tiap daerah. Dengan adanya event kuliner yang dikemas dalam bentuk lomba, menjadi alasan wisatawan datang berkunjung ke Medan,” papar Erry.

Sementara Walikota Medan H. Tengku Dzulmi Eldin, M.Si mengatakan, pengembangan potensi kuliner juga efektif sebagai upaya membuka lapangan pekerjaan. Apalagi gerai kuliner tumbuh subur menghiasi Kota Medan dalam 5 tahun terakhir.

“Meski tidak begitu signifikant, tetapi usaha kuliner di Medan mampu mengurangi jumlah pengangguran. Bahkan usaha kuliner yang berkembang dalam beberapa tahun terakhir, menghidupkan suasana malam di Medan,” sebut Eldin.

Ketua Pelaksana Event Kuliner Medan yang juga selaku Ketua DPC HIPMI Kota Medan, Afif Abdillah mengatakan, kegiatan tersebut diikuti 52 gerai yang menyajikan berbagai makanan dan minuman. Kegiatan tersebut berlangsung dari 18 hingga 21 Juni mendatang.

“Makanan yang disajikan tidak hanya masakan khas Sumut, tetapi juga beberapa kunliner daerah lain. Aneka ragam masakan ini memperkaya khazanah cita rasa makanan yang dipersembahkan kepada pengunjung, terutama mereka penikmat makanan khas daerah,” sebut Afif. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *