Mahasiswa dan Dosen ITM Dibekali Workshop Wirausaha Muda Mandiri

MEDAN | Rektor Institut Teknologi Medan (ITM), Prof Dr Ilmi Abdullah MSc memberikan apresiasi yang tinggi kepada Bank Mandiri yang telah memberikan pembekalan pelatihan kewirausahan kepada 21 sivitas akademika terdiri dari 15 mahasiswa dan 4 dosen dan 2 pegawai.

bareskrim“Pelatihan ini sangat bermanfaat khususnya bagi mahasiswa ITM, karena akan menambah wawasan keilmuan dan pengalaman untuk membuka usaha sendiri. Sehingga dengan pembekalan ini akan menjadikan mahasiswa sebagai wirausaha muda yang tangguh dan pantang menyerah,” ujar Prof Ilmi usai kegiatan Workshop Wirausaha Muda Mandiri di Hotel JW Marriot Medan, kemarin.

Workshop dibuka Wakil Gubernur Sumatera Utara Ir HT Erry Nuradi dengan menghadirkan para pembicara dari kalangan pelaku bisnis yang berusia muda. Tampil sebagai pembicara sutradara terkenal Joko Anwar dan Upi, aktor muda berbakat Christian Sugiono dan para Wirausahawan Muda Mandiri yaitu Teguh Basuki Ariwibowo dan Hafiz Khairul Rijal.

Hadir para pimpinan perguruan tinggi negeri maupun swasta di Kota Medan, diantaranya rektor USU, ITM, UMSU, UMA, Undhar, Unpab, Direktur Politeknik LP3I Medan, Polmed dan lainnya yang diikuti sebanyak 500 mahasiswa dari 29 perguruan tinggi di Medan.

Rektor juga mengapresiasi komitmen Bank Mandiri untuk mendorong tumbuhnya semangat kewirausahaan di kalangan mahasiswa sehingga lahir kesadaran dalam diri mereka untuk pencipta lapangan pekerjaan (job creator) dan bukan sebagai pencari kerja (job seeker).

Artinya, mahasiswa setelah tamat dari perkuliahan jangan berhayal untuk menjadi PNS atau pegawai swasta, tapi bagaimana dengan keuletan dan kegigihan maupun keseriusan mahasiswa itu sendiri untuk mampu membuka wirausaha muda mandiri.

Pada kesempatan sebelumnya kata rektor, Bank Mandiri juga telah memberikan bantuan untuk pegangan dosen sebanyak 10 set terdiri dari 2 buku dan 10 CD bahan pengajaran dan 200 buku modul untuk pegangan mahasiswa.

Pemberian Modul Kewirausahaan ini merupakan tindak lanjut dari Training of Trainer (ToT yang diselenggarakan pada 12 September 2012 lalu. Dimana pada ToT tersebut dihadiri 153 dosen dari 44 perguruan tinggi di wilayah 1 Medan meliputi Provinsi Aceh , Sumatera Utara, Riau dan Kepulauan Riau.

Wagubsu HT Erry Nuradi mengharapkan, agar mahasiswa yang menekuni bisnis dan membuka wirausaha ini dipermudah dalam pengurusan kepemilikan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak). Di Sumut sendiri, kata dia, jumlah penduduknya 14 juta jiwa namun hanya 150 ribu orang yang memiliki NPWP. Ini artinya, hanya satu persen penduduk Sumut yang menjadi pengusaha.

Menurut Wagubsu, workshop ini bisa mencetak pembesar-pembesar baru di Sumut. Wagubsu juga menilai visi yang dibawa Bank Mandiri sejalan dengan visi Pemrovsu. Untuk itu dia berharap mahasiswa sebagai calon pemimpin masa depan, setelah lulus bisa menjadi wirausaha muda yang mandiri.

“Tanamkanlah dalam diri kalian untuk menjadi wirausahawan. Banyak pengusaha muda yang sukses dimulai dari nol dan punya terobosan yang luar biasa,” ucapnya seraya menyebutkan untuk mewujudkannya dibutuhkan ketekunan dan trust (kepercayaan).

Senior Vice President Bank Mandiri Nixon LP Napitupulu menyatakan Bank Mandiri ingin memacu generasi muda Indonesia untuk mampu berwirausaha dan menciptakan karya serta inovasi yang mampu mendukung kemajuan tanah air. “Bank Mandiri punya komitmen untuk mendorong terciptanya entrepreneur baru di Indonesia,” ujarnya. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *