EdukasiHeadlineIndeks

Civitas Unimed Buka Puasa Bersama

MEDAN | Universitas Negeri Medan mengadakan acara buka puasa bersama di gedung Biro Rektor Unimed, Jalan Williem Iskandar Medan Estate. Dalam acara ini dihadiri lansung oleh Rektor Unimed, para Pembantu Rektor, guru besar, staf dan pegawai, dosen, dan seluruh civitas akademika serta senat mahasiswa dan mahasiswa Unimed yang diwakilli oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Acara ini berlangsung sangat khidmat dan penuh kekeluargaan.

Rektor Unimed Prof Dr Ibnu Hajar Damanik mengatakan, kegiatan buka puasa bersama ini adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya. Harapannya, dengan adanya kegiatan ini, ukhuwah Islamiyah di lingkungan kampus bisa terbangun. Acara ini
juga sebagai sarana untuk mempererat Silaturrahim antara civitas akademika Unimed.

Dipaparkan Ibnu, pada bulan Ramadhan, ada beberapa dimensi penting. Yang pertama adalah beribadah kepada Allah. Misalnya dengan perjuangan melawan hawa nafsu selama puasa merupakan kemenangan kita terhadap ujian Allah. Kemudian yang kedua adalah menjaga agar tali persaudaraan terpelihara.

Ibnu juga mengungkapkan, pada bulan Ramadhan ini semoga semua amal ibadah kita diterima di sisi Allah SWT. “Semoga saja kita bisa menjadi warga Negara yang dapat membanggakan Indonesia di dunia Internasional, khususnya mahasiswa Unimed yang seluruhnya adalah generasi muda penerus bangsa,” harapnya.

Kemudian sebelum berbuka puasa, Al Ustadz Dr Muhammad Thoriq MA menyampaikan ceramahnya. Dalam ceramah singkatnya, dia menyampaikan tiga hal penting yang termaktub dalam surat al-baqarah ayat 183 yang berbunyi “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa”.

Dijelaskan Thoriq, ayat ini mengandung banyak pelajaran berharga berkaitan dengan ibadah puasa. ”Yang pertama seruan supaya sholat. Yang kedua makna puasa lahir dan batin. Dan yang ketiga adalah Tattakur yakni iman orang yang bertaqwa,” paparnya.

Pada acara yang sama, Hafiz, mahasiswa Unimed yang mewakili Unit kegiatan mahasiswa (UKM) mengatakan, acara ini sebenarnya sangat bermanfaat sekali, karena disinilah seluruh sivitas akademik Unimed bisa berkumpul dan bersilaturrahim. Acara buka puasa bersama ini juga dilaksanakan shalat Maghrib berjamaah yang dilanjutkan dengan makan malam bersama. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button