Partai Golkar Godong Nama Calon Ketua DPRD Sumut

MEDAN | Partai Gokar sedang menggodok bakal calon Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sumatera Utara setelah meraih kemenangan dalam pemilihan umum legislatif.

bareskrimPenyeleksian itu dilakukan melalui rapat pleno dipimpin Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie dan Kabid Organisasi dan Daerah DPP Partai Golkar Mahyuddin, Selasa (19/8/2014).

Menurut Mahyuddin, Partai Golkar mendapatkan porsi anggota DPRD Sumut sebanyak 17 orang dan dinyatakan terbanyak sehingga mendapatkan porsi ketua dewan tingkat provinsi tersebut.

Dari jumlah 17 kader yang lolos sebagai anggota DPRD Sumut tersebut, pihaknya menilai semuanya memiliki hak yang sama meski harus memenuhi sejumlah kriteria yang diatur dalam rapimnas Partai Golkar.

Syarat-syarat itu seperti kader yang menjadi unsur pengurus harian, pernah menjadi anggota DPRD Sumut yang tujuannya agar calon itu memiliki pengalaman, berpendidikan minal S-1, dan memberikan prioritas kepada calon yang mampu mencapai perolehan suara yang memenuhi Bilangan Pembagi Pemilih (BPP).

Demikian juga dengan pemenuhan syarat sesuai perundang-undangan tidak pernah terlibat kasus kriminal, tidak menjadi anggota kelompok terlarang, dan tidak pernah menjadi anggota parpol lain.

Melalui rapat pleno tersebut, akan dihasilkan minimal tiga nama kader yang akan dikirim ke DPP Partai Golkar untuk diputuskan menjadi satu nama sebagai Ketua DPRD Sumut.

Wakil Sekretaris Partai Golkar Sumut Amas Muda Siregar mengusulkan agar hanya diusulkan satu nama yakni Ketua DPD Partai Golkar Sumut Ajib Shah.

Upaya itu dinilai lebih baik karena akan mempercepat penetapan nama kader Partai Golkar yang disetujui sebagai Ketua DPRD Sumut. “Dari pada yang lain diusulkan tetap kalah, lebih baik satu nama saja,” katanya.

Namun usulan itu ditolak Mahyuddin karena dianggap meyalahi mekanisme yang berlaku di lingkungan parpol dengan lambang pohon beringin tersebut.

Setelah itu, rapat diskors untuk memberikan waktu bagi pengurus DPD Partai Golkar Sumut guna merekomendasikan nama-nama kader yang akan diusulkan.

Usai skors tersebut dicabut, belum ditetapkan nama kader yang akan diusulkan. “Nanti malam ditetapkan,” kata Sekretaris DPD Partai Golkar Sumut Yasir Rido Lubis. (ants/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *