Jokowi Bagi-bagi Jatah Menteri

JAKARTA | Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PDIP, Ahmad Basarah mengatakan Presiden Terpilih Joko Widodo (Jokowi), akan membagi-bagi jatah menteri dalam kabinet pemerintahannya kepada partai pengusung di Pilpres 2014.

bareskrimMenurutnya, Jokowi akan membagi-bagi kekuasaan baik dalam kabinet maupun beberapa jabatan-jabatan di beberapa BUMN.

“Pak Jokowi juga mengetahui tidak ada makan siang gratis. Tidak mungkin kekuasaan itu dimakan sendiri, kekuasaan itu harus dibagi,” ujarnya dalam diskusi di DPR, Senin (25/8/2014).

Basarah melanjutkan, meski demikian jabatan itu tidak secara otomatis diberikan kepada partai politik. Menurutnya, pembagian kekuasaan itu akan dilakukan secara profesional.

“Tapi tidak mungkin kader partai politik mendapat jatah menteri tanpa profesionalisme,” katanya.

Namun, kata Basarah, hingga saat ini pembagian kekuasaan itu belum diketahui secara pasti. Menurutnya, pembentukan kabinet baru akan dilakukan dua minggu setelah pelantikan Jokowi-JK pada 20 Oktober nanti.

“Boleh ditanya kepada Surya Paloh, Cak Imin, Sutiyoso dan Wiranto, sampai hari ini belum mengetahui jatah menteri berapa dan untuk posisi apa,” tegasnya. (inl/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *