KPU Sumut | Jabatan Kepala Daerah di 14 Kab/Kota akan Berakhir

MEDAN | Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut, Mulia Banurea di Medan mengatakan, berdasarkan masa akhir masa jabatan, ada 14 kabupaten/kota yang jabatan kepala daerahnya akan berakhir.

bareskrimUntuk itu perlu dipersiapkan tahapan pemilihan kepala daerah (pilkada) sesuai dengan ketentuan yang dalam sistem perundang-undangan.

Berdasarkan ketentuan yang berlaku, tahapan pilkada tersebut harus sudah dimulai paling lama delapan bulan sebelum jabatan kepala daerah di suatu wilayah berakhir.

Namun hingga saat ini, KPU Sumut belum mendapatkan laporan dari komisioner kabupaten/kota mengenai penentuan jadwal atau dimulainya tahapan pilkada.

Salah satu daerah yang paling dekat masa berakhir masa jabatan kepala daerahnya adalah Kota Medan, yakni 26 Juli 2015.

Dengan batas waktu tersebut, maka KPU Kota Medan seharusnya sudah memulai tahapan pilkada paling lama delapan bulan sebelum akhir masa jabatan itu yakni bulan Oktober.

KPU Sumut telah menginstruksikan seluruh komisioner kabupaten/kota yang kepala jabatan kepala daerahnya akan berakhir untuk berkoordinasi dengan pemkab/pemkot masing-masing guna mengalokasikan anggaran pilkada.

Mengenai kemungkinan pelaksanaan pilkada secara serentak di Sumut, pihaknya masih menunggu aturan yang masih dibahas Komisi II DPR RI.

“Sebagai penyelenggara, kami siap menjalankan seluruh regulasi,” kata Mulia. (ants/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *