9 Kota/Kab di Sumut Terima Raskin Award

MEDAN | Pemerintah Provinsi Sumatera Utara memberikan Raskin Award 2013 kepada sembilan pemerintah kabupaten/kota yang dinilai lancar dalam penyaluran dan pembayaran Raskin kepada penerima hak.

bareskrimPenghargaan Raskin Award kepada sembilan pemerintah kota/kabupaten yakni Pemerintah Kota Medan, Pemkab Serdangabedagai, Dairi, PakpakBharat, Tanjungbalai, Labuhanbatu, Tapanuliutara, Sibolga, Gunungsitoli itu langsung diberikan oleh Gubernur Sumut H Gatot Pujo Nugroho di Medan, Rabu (3/9/2014).

Selain dihadir bupati/walikota, turut hadir Assisten Ekbang Provsu DR Sabrina, Kepala Biro Ekonomi Provsu yang menjabat Ketua Tim Penyaluran Raskin Sumut Bondaharo dan Kepala Perum Bulog Sumut Fasika Khaerul Zaman.

Gubernur Sumut H Gatot Pujo Nugroho menegaskan, Raskin Award bisa memotivasi walikota/bupati untuk meningkatkan pelayanan Raskin kepada masyarakat.

Secara khusus Gubsu mengngkapkan apresiasi terimakasih kepada bupati/walikota yang membuktikan komitmen dalam penyaluran raskin dengan baik. Khusus kepada Walikota Tanjungbalai, Gubsu juga berterimakasih atas Program Raskin Madani berupa alokasi APBD untuk membiayai penyaluran raskin bagi masyarakat kurang mampu yang tidak tertampung dalam program raskin nasional.

Gubsu menekankan, penyaluran raskin yang baik dan lancar adalah kewajiban. “Sudah seharusnya pemkab/pemkot menyalurkan Raskin dengan baik dan lancar karena memang merupakan kewajiban sesuai program Pemerintah,” katanya.

Bahkan, kata Gubernur, kalau ada tunggakan pembayaran oleh pemkab/pemkab yang akhirnya menghambat alokasi Raskin ke masyarakat itu merupakan salah satu bentuk pengkhianatan kepada rakyat.

Pengkhianatan itu mengacu pada fakta bahwa masyarakat sudah langsung membayar saat menerima Raskin sehingga seharusnya tidak terjadi tunggakan. “Harusnya kalau memungkinkan, pemkab/pemkot bisa membuat kebijakan penanggulangan pendanaan untuk menambah jumlah penerima Raskin di daerahnya masing-masing seperti yang dilakukan Pemkab Tanjungbalai,” katanya.

Sementara itu, Kepala Perum Bulog Sumut, Fasika Khaerul Zaman menyebutkan, Raskin Award Sumut sudah dilakukan rutin setiap tahun untuk mendorong minat walikota/bupati menjalankan program Raskin dengan lebih baik.

Mengingat pelayanan kepada masyarakat harus semakin ditingkatkan, maka Bulog juga sudah meningkatkan kriteria penilaian Raskin Award 2014 seperti mengacu pada proses yang dilakukan pemkab/pemkot dalam penyaluran Raskin tersebut seperti apakah ada edukasi Raskin hingga penyediaan dana talangan.

Gubernur mengakui, secara keseluruhan, penyaluran Raskin di Sumut semakin membaik meski harus lebih dimaksimalkan. Realisasi penyaluran Raskin Sumut hingga Agustus 2014 sudah mencapai 92,87 persen atau 1O3.950.825 kilogram dari target alokasi sampai periode tersebut yang sebanyak 111.933.000 kg. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *