UMSU dan Hastag Tuan Rumah Konferensi Internasional GIZ 2014

MEDAN | Untuk pertama kalinya, Fakultas Teknik Program Studi Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara bekerjasama Himpunan Ahli Struktur Tahan Angin dan Gempa (Hastag) akan mengadakan Konferensi Internasional Geohazard International Zonation (GIZ) 2014 dan Seminar Kursus Singkat Hastag ke-5 tahun di Hotel Angkasa Medan pada 20-21 Oktober 2014.

Dekan UMSUKEPALA BARESKRIMDekan Fakultas Teknik UMSU Rahmatullah ST MSc didampingi Wakil Dekan III Khairul Umurani ST MT dan Ketua Panitia Dr Ade Faisal yang juga Ketua Program Studi Teknik Sipil UMSU kepada wartawan di kampus Jl Muktar Basri Medan, Rabu (15/10/2014).

Rahmatullah mengatakan, kegiatan tersebut akan dibuka langsung oleh Rektor UMSU Dr Agussani M.AP sudah lama digagas oleh FT UMSU bekerjasama dengan Hastag dan Universiti Sains Malaysia (USM).

Kegiatan ini sangat positif dan baik yang nantinya akan memberikan nilai tambah khususnya bagi para peneliti ilmu teknik sipil dan konstruksi bangunan tahan angin dan gempa.

Mengingat akan pentingnya kegiatan ini, FT UMSU bertekad untuk menjadikan konferensi GIZ 2014 bertaraf internasional ini sebagai ajang pertemuan para ahli di berbagai belahan dunia yang akan memaparkan pendapat dan pandangannya menyangkut masalah bencana alam seperti gempa bumi dan lainnya.

“Bagi sivitas akademika FT UMSU, kegiatan ini akan menambah wawasan khususnya bagi para dosen dan mahasiswa yang sedang mengikuti studi di pendidikan tinggi terutama di bidang ilmu teknik sipil perencanaan, struktur dan gempa,” jelasnya.

Dekan menambahkan, konferensi internasional GIZ 2014 ini juga merupakan pengembangan berkelanjutan bagi keadaan bencana alam. Para ahli dan peneliti akan saling berkomunikasi dan berkontribusi secara teknis menyangkut resiko geohazard dan mitigasi maupun struktur dan geoteknik.

Sementara itu, Ketua Panitia Dr Ade Faisal menambahkan, kegiatan ini akan dihadiri 400 orang peserta berasal dari Jepang, Yunani, Cina Amerika Serikat, Malaysia, Indonesia dan lainnya. Kegiatan selama dua hari penuh itu akan diisi dengan presentasi dari para narasumber baik dari dalam maupun luar negeri.

Tampil sebagai keynote speaker pada pertemuan konferensi internasional GIZ 2014 di hari pertama akan diisi dengan pembicara antara lain, Prof Mamoru Mimura dan Kyoto University Japan, Assoc Prof Michael H Scott dari Oregon State University, Amerika Serikat, Prof Michael N Fardis dari Patras University, Greece, Dr Netra Prakash Bhandary dari Ehime University Japan dan Prof Shuyang Cao dari Tongji University China.

Sedangkan untuk kegiatan Kursus Singkat Internasional Hastag pada hari kedua menampilkan pembicara, Dr Farzad Naeim dari John A Martin, Inc Amerika Serikat dan Dr Michael H Scott dari Oregon State University Amerika Serikat. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *