Wagub Minta Finalis Puteri Sumut Promosikan Potensi Daerah

MEDAN | Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Ir H Tengku Erry Nuradi MSi meminta Finalis Puteri Sumut tidak hanya mengejar prestasi, namun juga berperan mempromosikan potensi daerah di ajang pemilihan Puteri Indonesia nantinya.

Finalis Putri SumutKEPALA BARESKRIMHarapan tersebut disampaikan Wagub Sumut Tengku Erry Nuradi menjamu makan malam 20 finalis Puteri Sumut 2014 di Restoran Taifan, Capital Building, Jl. Balai Kota Medan, (24/10/2014).

Dalam acara tersebut, Wagub didampingi isteri Evi Diana Erry, Kepala Dinas Pariwisata Sumut Elisa Marbun dan Kasdim 0201/BB Kol Inf S Zega. Sementara finalis Puteri Sumut didampingi Ketua Panitia Nasional Pemilihan Puteri Indonesia Dwi Purwanti, Ketua Pemilihan Puteri Sumut Roro Lily dan sejumlah dewan juri.

Usai jamuan makan malam, Wagub Tengku Erry Nuradi menyempatkan diri meminta finalis Puteri Sumut mempraktikan cara minum yang baik. Permintaan tersebut menguji kesiapan finalis sebelum melangkah ke ajang Pemilihan Puteri Indonesia yang akan berlangsung di Jakarta pada Februari mendatang.

“Tata cara minum yang baik itu, gelas mendekat ke mulut. Bukan mulut yang maju mendekati bibir gelas. Sikap tubuh dan cara memegang gelas juga harus diperhatikan agar air tidak tumpah,” sebut Erry.

Usai menguji kemampuan memahami tata cara minum, Erry kemudian melempar sejumlah pertanyaan seputar pariwisata. Pertanyaan tersebut untuk menggali kemampuan inteligensi dan kecakapan berbicara, penguasaan pengetahuan umum dan sudut pandang para finalis.

“Finalis yang akan mewakili Sumut nanti, tidak hanya mengejar prestasi, tetapi juga harus mampu mengenalkan potensi Sumut ke tingkat nasional. Mulai dari budaya, adat istiadat, potensi pariwisata, pertanian dan lain sebagainya,” hara Erry.

Erry juga menyatakan, peran Puteri Sumut sangat strategis dalam mempromosikan potensi daerah, karena keberadaan para finalis di ajan Pemilihan Puteri Indonesia akan menyedot banyak perhatian masyarakat nantinya.

“Siapapun yang akan mewakili Sumut nantinya, jangan lupa promosikan potensi daerah Sumut untuk mendorong laju pembangunan,” harap Erry.

Sementara Ketua Panitian Nasional Pemilihan Puteri Indonesia, Dwi Purwanti mengatakan, Grand Final Pemilihan Puteri Indonesia akan berlangsung di Jakarta pada pertengahan Februari 2015 mendatang. Tiap provinsi akan mengirimkan seorang perwakilannya, setelah melewati proses seleksi ketat di daerah masing-masing.

Untuk Sumut, Grand Final Pemilihan Puteri Sumut berlangsung di Gedung Regalle, Jl. Adam Malik Medan, Sabtu (25/10/2014) malam. Sebelum Grand Final tingkat Sumut, 20 finalis yang telah melewati proses interview dan lulus seleksi, mendapat pembekalan keahlian dari pembimbing, mencakup uji kesahatan, kecakapan berbicara, keselarasan berbusana, intelijensia.

“Para pembimbing juga mengasah kemampuan dan bakat personal para finalis, seperti menyanyi, menari dan lainnya. Finalis yang akan mewakili Sumut ke Jakarta nanti hanya satu orang. Finalis adalah pemenang di tingkat Sumut,” ujar Dwi.

Salah seorang finalis Puteri Sumut, Farah Hanisah Suri Nasution mengaku, kecantikan perempuan tidak sebatas fisik semata, tetapi harus didukung kemampuan berfikir dan bersikap.

“Cantik itu tampil nyaman. Rasa nyaman akan muncul jika kita memiliki kemampuan befikir yang diselaraskan dengan sikap beritik,” ujar Farah.

Mahasiswa Fakultas Sastra Belanda Universitas Indonesia (UI) Semester V asal Medan ini berharap dapat mewakili Sumut ke ajang Pemilihan Puteri Indonesia di Jakarta. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *