EdukasiHeadlineIndeks

2.731 Mahasiswa Lulusan USU Diwisuda

MEDAN | Sebanyak 2.731 mahasiswa lulusan Universitas Sumatera Utara (USU) periode I tahun akademik (TA) 2014/2015 diwisuda, 24 – 26 November 2014 di Gedung Auditorium USU.

KEPALA BARESKRIMHadir dalam pelaksanaan wisuda, Ketua Majelis Wali Amanat USU, Ketua Senat Akademik USU, Ketua Dewan Guru Besar USU, Para Wakil Rektor dan Sekretaris USU, Para Dekan dan Direktur Sekolah Pascasarjana USU, Pimpinan Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat serta Ketua Departemen di Lingkungan USU, Pimpinan Perguruan Tinggi, Pimpinan Instansi Pemerintah dan Swasta, Seluruh Sivitas Akademika, serta para undangan lainnya.

Rektor USU Prof Dr dr Syahril Pasaribu DTM&H MSc(CTM) SpA(K) pada pidatonya menyebutkan, lulusan ini terdiri atas 553 orang lulusan Program Pascasarjana, 19 orang Program Magister dan Pendidikan Dokter Spesialis, 19 orang Program Pendidikan Spesialis, 38 orang Program Dokter Jenjang Magister, 128 orang Pendidikan Profesi, 1.648 orang dari Program Sarjana dan 326 orang Program Diploma.

Syahril mengatakan, dari 2.731 lulusan, baik dari Program Pascasarjana, Program Magister dan Pendidikan Dokter Spesialis, Pendidikan Spesialis, Program Dokter Jenjang Magister, Pendidikan Profesi, Sarjana maupun Diploma terdapat, 1.116 Pria (40,86%) dan 1.615 Wanita (59,14%).

Dengan demikian, sebut Syaril, jumlah lulusan Sekolah Pascasarjana, Program Magister dan Pendidikan Dokter Spesialis, Pendidikan Spesialis, Program Dokter jenjang Magister, Pendidikan Profesi, Program Sarjana dan Program Diploma USU sampai sekarang adalah 154.820 orang, yakni, Program Doktor 298 orang, Program Magister 10.750 orang, Program Magister dan Pendidikan Dokter Spesialis 143 orang. Kemudian, program Pendidikan Dokter Spesialis 2.050 orang,Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis 26 orang, Program Dokter Jenjang Magister 538 orang.

Lebih lanjut dikatakan Syahril, pendidikan Profesi yaitu, Dokter 7.753 orang, NERS 1.237 orang, Dokter Gigi 3.289 orang, Notariat 903 orang, Apoteker 2.433 orang, Akuntan 318 orang, Arsitek 9 orang, Program Sarjana 87.099 orang. Program Diploma sebanyak 37.974 orang dengan total 154.820 orang.

Diungkapkan, pada tataran pimpinan USU, pihaknya secara terus menerus berpikir dan bekerja untuk melakukan perubahan atau peningkatan diberbagai bidang yang meliputi “akademik”, “SDM” hingga “sarana dan prasarana” kampus.

“Tentu hal ini kami lakukan sebagai realisasi dari program kerja di masa kepemimpinan kami dalam menuju “peningkatan mutu pendidikan” yang diharapkan dapat berdampak pula pada peningkatan “mutu dan kompetensi” bagi para lulusan,” paparnya.

Dikatakan, perubahan, inovasi, dan pembangunan yang telah dilakukan, seperti pembangunan gedung perkuliahan baru pada Fakultas Psikologi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Teknik,dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, serta gedung Laboratorium Terpadu LIDA.

Disamping itu, juga telah dibangun lima gedung perkuliahan baru lainnya, pada Fakultas Keperawatan, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Hukum, dan pengembangan gedung perkuliahan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), serta gedung Laboratorium Fakultas Farmasi.

Rektor optimis, sebagai langkah untuk mewujudkan Visi USU “Menjadi Perguruan Tinggi yang Memiliki Keunggulan Akademik sebagai Barometer Kemajuan Ilmu Pengetahuan yang Mampu Bersaing dalam Tataran Dunia Global” sebagiamana yang telah dijabarkan dalam Rencana Jangka Panjang (RJP) USU 2015-2039 dan Rencana Strategis (Renstra) USU 2015-2019. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TRENDING
Close
Back to top button