Rakor Disdik 2014 | Prioritaskan Kualitas Mutu Pendidikan di Sumut

MEDAN | Kadis Pendidikan Provinsi Sumatera Utara Drs Masri MSi mengatakan, peningkatan kualitas guru, pengawas, kepala sekolah dan para siswa menjadi salah satu tugas yang harus diemban oleh jajaran Disdik Provsu.

KEPALA BARESKRIM“Sehingga ini merupakan salah satu upaya untuk menanggulangi jumlah pengangguran dan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat. Sehingga, posisi ini benar-benar berhasil guna bagi masyarakat Sumut, khususnya jajaran dunia pendidikan,” ujar Masri di sela Rapat Koordinasi (Rakor) Tahap III Dinas Pendidikan se-Sumatera Utara, Sabtu di Aula T Amir Hamzah Disdik Provsu.

Rakor yang melibatkan 3 narasumber, yaitu Kadis Pendidikan Provsu, Kepala Pustekkom Kemdikbud dan Kepala PDSP Kemendikbud itu dihadiri kurang lebih 125 peserta berasal dari 33 dinas Kabupaten/Kota dan 26 orang dari Dinas Provinsi.

Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara Dra Hj Ernawaty di ruang kerjanya mengatakan, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara telah menetapkan pendidikan sebagai prioritas utama pembanguna di Sumut.

“Terkait hal tersebut, pasal 35 UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional mengamanatkan, agar kita memiliki Standar Nasional Pendidikan (SNP). Yang dimaksudkan sebagai acuan pengembangan dan pengendalian pendidikan. Dalam UU ini dan Peraturan Pemerintah RI tentang SNP ini juga menyebutkan, SNP mencakup standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana-prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan,” ujar Ernawaty.

Untuk mencapai standar dimaksud, katanya, diperkirakan akan memberikan peluang sekaligus tantangan bagi pemerintah daerah maupun masyarakat untuk ikut serta aktif memikirkan dan berpartisipasi dalam proses pembangunan daerahnya masing-masing.

“Sasaran utama dari pelaksanaan otonomi daerah adalah untuk meningkatkan efisiensi dan keadilan dalam pengelolaan pembangunan daerah, yang pada akhirnya akan dapat mendorong pembangunan daerah ke arah yang lebih maju dan berkembang,” tambah Ernawaty.

Dari keadaan tersebut di atas katanya, perlu dilakukan singkronisasi program dan kegiatan pembangunan pendidikan dengan pemerintah kabupaten/kota. Sehingga, dalam proses perwujudan perencanaan strategis dan penyelenggaraannya menjadikan proses yang mengarah pada pencapaian tujuan pembangunan.

Dan percepatan peningkatan mutu pendidikan masing-masing kabupaten/kota di Sumut, melalui Rakor dalam rangka menyusun perencanaan dan usulan program kegiatan tahun anggaran 2015.

“Selain bertujuan mensosialisasikan kebijakan Pemerintah Provinsi Sumut dalam pembangunan dan percepatan peningkatan mutu pendidikan, Rakor tersebut juga untuk mensosialisasikan program kerja Pustekkom Kemdikbud Tahun Anggaran 2015 serta mensosialisasikan profil pendidikan dasar dan menengah 2014,” tambah Ernawaty. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *