Mangindang Ritonga Jabat Plt Dirut PDAM Tirtanadi

MEDAN | Akhirnya setelah 1 tahun 7 bulan sejak Dirut PDAM Tirtanadi, Ir Azzam Rizal MEng ditahan karena tersangkut masalah hukum, akhirnya Gubernur Sumatera Utara mengangkat Direktur Operasi PDAM Tirtanadi Mangindang Ritonga SE MM sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama menggantikan Ir Azzam Rizal MEng.

mangindang ritongaKEPALA BARESKRIMHal ini tertuang dalam Keputusan Gubernur Sumatra Utara nomor 188.44/1114/KPTS/2014 tertanggal 24 Desember 2014, efektif sampai berakhirnya jabatan Direksi PDAM Tirtanadi periode 2011-2015.

Kepala Divisi PR Ir Amrun menerangkan pada pers rilis yang dikirimkan kepada awak media mengatakan, terhitung sejak ditanda-tanganinya surat keputusan gubernur ini, maka Mangindang Ritonga akan menjalankan tugas sebagai Direktur Utama hingga akhir periode yakni Maret 2015.

Terkait pertanyaan yang di ajukan ke PDAM Tirtanadi mengenai kekosongan kursi Direktur Utama ini, sebelumnya kita menanti status hukum berkekuatan tetap Azzam Rizal. Dan ketika kasasi yang bersangkutan ditolak oleh Mahkamah Agung pada 6 November 2014, maka setelah itu barulah Gubernur menunjuk Pelaksana Tugas Direktur Utama yaitu Mangindang Ritonga.

“Meski jabatan yang di emban oleh Plt Dirut tinggal beberapa bulan lagi, tapi tetap harus di tunjuk untuk mengisi kekosongan kursi ini,” ujar Ir Amrun.

Kadiv PR ini juga menjelaskan, ketika Dirut lama tersangkut masalah hukum, menjadi tersangka dan hingga keluar putusan pengadilan tinggi, tidak serta-merta bisa langsung menunjuk Plt Dirut hingga akhirnya turunlah putusan Mahkamah Agung bernomor 1605.K/Pid.Sus/2014.

Selama kekosongan Direktur Utama 1 tahun Tujuh Bulan ini, ketiga direksi yang menjalankan tugas pokok dan fungsi direktur utama yakni, Ahmad Thamrin SE MPsi yang menjabat sebagai direktur administrasi dan keuangan, Mangindang Ritonga yang menjabat sebagai direktur operasi dan Ir Tamsil Lubis yang menjabat sebagai Direktur Perencana dan Produksi.

Mangindang Ritonga yang dihubungi via seluler mengatakan penujukan dirinya sebagai Plt Dirut Tirtanadi sesuai dengan rekomendasi dari Dewan Pengawas PDAM Tirtanadi dan juga rekomendasi dari Komisi C DPRD Provsu yang kemudian ditindaklanjuti dengan Keputusan Gubernur Sumatera Utara No 188.44/1114/KPTS/2014 tertanggal 24 Desember 2014.

Disinggung mengenai program kerja dalam waktu singkat ini, Mangindang Ritonga menyampaikan bahwa tiga bulan kedepan ini dirinya mempunyai beberapa agenda kerja yang harus tuntas diantaranya suksesi kepemimpinan di PDAM Tirtanadi yang tahapan seleksinya telah dimulai dan pembayaran rekening air secara online harus bisa terlaksana disemua bank yang telah bekerjasama dengan PDAM Tirtanadi dan penyelesaian pembangunan penambahan kapasitas IPA. Sunggal sebesar 500 liter/detik. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *