Pemkab Deli Serdang akan Lelang Jabatan SKPD

LUBUK PAKAM | Pemkab Deli Serdang kini sedang “menggodok” dan mempersiapkan mekanisme lelang jabatan untuk sejumlah pimpinan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) dan mengisi kekosongan jabatan eselon II seperti Badan Kepegawaian Daerah (BKD) serta Dinas Pekerjaan Umum (PU).

KEPALA BARESKRIMHal itu dibenarkan Sekdakab Drs H Asrin Naim menjawab pertanyaan wartawan, (21/1/2015), di ruang kerjanya.

Menurut Sekdakab pihaknya telah melakukan konsultasi dengan Kementerian Dalam Negeri termasuk Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) yang megisyaratkan agar dalam pengisian jabatan eselon II Pemerintah Kabupaten/Kota mengikuti PerMenpan dan UU No 5 tahun 2014 tentang ASN.

Dalam kaitan itu, Pemkab Deli Serdang kini sedang mempersiapkan berbagai mekanisme diantaranya membentuk Pansel (panitia seleksi) yang jumlahnya bisa 5 orang, 7 orang maupun 9 orang dengan formasi 45 % dari internal Pemkab sedangkan 55 % dari pihak luar apakah itu akademisi, professional yang dianggap memiliki kapabelitas sesuai dengan jabatan SKPD yang akan dilelelang.

Menjawab pertanyaan wartawan, Drs H Asrin Naim menyebutkan untuk tahap awal sesuai konsultasi pihaknya dengan Kemendagri begitu juga KASN untuk tahap awal lelang jabatan masih dapat dilakukan haanya di kalangan internal Pemkab.

“Namun yang pasti ‘roh’ UU No 5 tahun 2014 tentang ASN serta Peraturan Menpan tentang lelang jabatan harus kita mulai,” katanya.

Menyinggung apa-apa saja materi yang diujikan kepada calon pimpinan SKPD yang melamar untuk menduduki jabatan eselon II, Sekdakab menyebut nantinya Pansel akan melakukan berbagai persyaratan.

Namun yang jelas untuk tahap awal akan dilakukan seleksi administrasi para calon yang mengajukan lamaran menjadi pimpinan SKPD (Eselon II). “Karena berbagai ketentuan seperti pangkat dan golongan untuk menduduki jabatan eselon II yang diatur dalam UU sebelumnya tetap berlaku menjadi persyaratan,” katanya.

Menyinggung jumlah banyak jabatan eselon II yang akan dilelang Pemkab Deli Serdang dalam upaya evaluasi dan penyegaran pimpinan SKPD, Sekdakab dengan diplomatis menyebutkan nanti sajalah diumumkan.

Yang pasti dalam waktu dekat Pemkab Deli Serdang akan mengumumkan sejumlah SKPD yang akan dilelang, kini kita masih fokus untuk membentuk panitia seleksi yang benar-benar berkompeten, tukasnya.
Informasi yang dihimpun wartawan, pada tahap pertama evaluasi pimpinan SKPD (eselon II red), Pemkab Deli Serdang akan melakukan perombakan puluhan pejabat eselon II. (man/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *