EkonomiHeadlineIndeks

Sinergi APINDO – HKTDC | Mendobrak Pasar Ekpor Sumut ke Hongkong

MEDAN | APINDO (Asosiasi Pengusaha Indonesia) Medan akan membangun kerjasama yang sinergis dengan HKTDC (Hongkong Trade and Development Corporation) dalam meningkatkan hubungan perdagangan industri dan investasi antara Sumatera Utara dengan Hongkong.

hktdcKEPALA BARESKRIMHal itu akan terwujud ketika HKTDC akan mengadakan kunjungan resmi ke Medan sekaligus melakukan seminar prospek Perdagangan Hongkong – Sumatera Utara sekitar bulan Maret 2015 ini.

Menurut Ketua APINDO Medan, Rusmin Lawin, kerjasama ini merupakan kado istimewa untuk bisnis Sumatera Utara khususnya Medan.

“Kerjasama antara APINDO dan HKTDC ini akan mampu mendobrak pasar ekspor produk unggulan Sumatera Utara ke Hongkong,” kata RL, sapaan akrab Rusmin Lawin, Kamis (22/1/2015).

Sebelumnya, Ketua APINDO Medan memenuhi undangan rapat dari Director HKTDC (Hongkong Trade and Development Corporation) untuk Regional Asia Mr. Leung Kwan Ho pada 16 Januari 2015, di Gedung WTC Jakarta.

Kata RL, Hongkong dikenal dengan negara sejuta pameran. HKTDC setiap bulannya melakukan pameran di Hongkong dengan produk-produk yang berbeda mulai dari housewares, toys sampai dengan electronics dan gifts dan yang paling top tentunya Fashion.

RL menambahkan, organisasi yang dipimpinnya akan terus proaktif membuka jalur perdagangan dan investasi dengan para mitra mancanegara.

“Apindo Medan akan memainkan perannya sebagai pintu utama bagi para pengusaha daerah untuk menuju pasar dunia terutama Pasar Tunggal ASEAN dan China,” ucapnya, di Medan.

“Sesudah Polandia dan Penang, tahun ini juga kami akan menjalin kerjasama dengan Hongkong, India dan Xiamen. Bahkan, dalam tahun ini juga kami akan membuka kantor perwakilan dagang di Penang dan Xiamen, China,” jelas Sekretaris Jenderal FIABCI (Federasi Real Estate Dunia) Regional Asia Pacific ini.

RL menyebutkan, pembukaan kantor perwakilan dagang ini akan memfasilitasi ekspor pengusaha daerah ke mancanegara dan sebaliknya kantor ini juga memberikan informasi yang lengkap tentang potensi ekonomi dan bisnis Kota Medan secara lengkap dengan prosedur investasinya.

“Tentunya peran kami tidak akan artinya kalau tidak didukung pemerinyah dan segenap lapisan masyarakat. Target utama kami adalah menciptakan pengusaha ekpor yang baru terutama untuk memperkuat konsolidasi pengusaha daerah dalam menghadapi Pasar Tunggal Masyarakat Ekonomi ASEAN tahun 2015 ini,” ujarnya. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button