EdukasiHeadlineIndeks

UMA Kembangkan Kecerdasan Emosional dan Soft Skill

MEDAN | Selain menumbuhkan empati sosial, berbagi terhadap sesama merupakan bagian dari kecerdasan emosional. Kegiatan menyantuni anak yatim rutin dilakukan Universitas Medan Area juga untuk membangun softskill mahasiswa, yakni perasaan peduli terhadap sesama umat.

KEPALA BARESKRIM“Kecerdasan emosional perlu dikembangkan. Solusinya, ternyata dapat diperoleh melalui ajaran Islam yang mengajarkan umat manusia untuk meningkatkan iman yang merupakan inti perasaan. Salah satunya bisa dilakukan melalui kegiatan berbagi dan menyantuni anak yatim,“ kata Ketua Pusat Islam UMA H Ismet Junus LMP, SDE di sela-sela kegiatan menyantuni anak yatim dari beberapa panti asuhan Medan, kemarin.

Kegiatan digelar di Mesjid Taqwa Kampus I UMA Jalan Kolam Medan itu merupakan rangkaian peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Pusat Islam (PI) UMA bersama Yayasan Haji Agussalim Siregar telah empat tahun belakangan ini rutin mengadakan penyantunan terhadap anak yatim.

“Selain ceramah dan pengajian, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW juga diisi dengan kegiatan berbagi kepada kaum duafa dan anak yatim. Kali ini kami mengundang anak yatim dari Panti Asuhan Zending Islam yang baru-baru ini mengalami musibah kebakaran,” kata Ismet didampingi Wakil Ketua PI Drs H Agussalim Daulay MA dan Wakil Rektor III Ir Zulheri Noor MP.

Pusat Islam, kata Ismet, juga merasa bertanggungjawab bagaimana membangun mahasiswa melalui sisi kepribadian, sisi pemahaman untuk membangun niat ikhlas dan sisi perasaan untuk membangun iman.

Santunan untuk dibagikan kepada anak yatim dan duafa yang membutuhkan itu dihimpun dari dosen, pegawai, dan mahasiswa UMA. Melalui kegiatan ini UMA berharap ridho Allah dan dapat dibukakan pintu kebaikan.

Wakil Rektor III Ir Zulheri Noor MP menambahkan, kegiatan ini sesuai visi UMA yakni membentuk manusia inovatif dan berakhlak.

Sementara itu, Kahumas UMA Ir Asmah Indrawati MP menyebutkan UMA rutin menggelar kegiatan keagamaan yang diisi dengan ceramah, pengajian dan kegiatan sosial. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button