HeadlineIndeksSosial

PKL Gatot Subroto Ditertibkan

MEDAN | Ratusan personil Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dibantu oleh satuan Shabara Polresta Medan, satuan Brimob Polisi Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut), satuan Polisi Militer, satuan TNI Angkatan Darat (AD) Komando Distrik Militer (Kodim) guna mengamankan proses penertiban pedagang kaki lima (PKL), di Jalan Gatot Subroto, Medan, Kamis (19/3/2015).

KEPALA BARESKRIMProses penertiban berlangsung ricuh akibatnya ratusan warga memadatai lokasi dan akses menuju Jalan Iskandar Muda menjadi macet. Sekitar empat pemuda yang diduga terlibat pungli, ikut diamankan karena berusaha melawan petugas.

Kasat Pol PP, Sofyan Hadi mengatakan, tindakan ini guna menertibkan pedagang kaki lima liar yang memadati bahu jalan sebagai area parkir, yang selama ini dianggap mengganggu aktivitas warga sekitar.

“Apa yang kita lakukan ini dalam rangka memberikan ketentraman dan ketertiban umum kepada masyarakat sekitar, yang selama ini terganggu kenyamanannya akibat aktivitas warga sekitar yang berjualan di badan jalan. Kemudian juga area ini merupakan area parkir. Ada sekitar seratus pedagang ditertibkan. Tadi kita lihat pihak-pihak yang melakukan pengutipan dan sudah diamankan,” kata Sofyan.

Tambahnya, tindakan yang dilakukan sebab pedagang telah melanggar peraturan Walikota yang diberlakukan sesuai dengan perwal No 9 tahun 2009. “Mereka melanggar peraturan Walikota No 9 tahun 2009 tentang larang beraktivitas di daerah milik jalan (di bahu jalan, trotoar, di atas drainase),” ucapnya.

Kedepannya, Sofyan berharap agar pedagang tidak lagi berjualan di tempat tersebut. “Kita berharap mereka (pedagang) tidak kembali lagi, dan apabila mereka kembali lagi kita akan melakukan tugas kita mengayomi masyarakat,” tutupnya. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TRENDING
Close
Back to top button