Asian Agri Tingkatkan Pemahaman Petani Kelola Kelapa Sawit

ASAHAN | Asian Agri Group melalui unit bisnisnya PT Gunung Melayu/PT Saudara Sejati Luhur melaunching Program Kemitraan Petani Swadaya di Balai Desa Batu Anam Kecamatan Rahuning Kabupaten Asahan, Kamis (26/3/2015).

kemitraan petani aagKEPALA BARESKRIMProgram kemitraan ini merupakan salah satu unggulan program Corporate Social Responsibility (CSR) Asian Agri Group. Saat ini, khusus di sekitar PT GM/PT SSL, perusahaan telah membina 5 kelompok tani dengan luas lahan 814 ha di Desa Gonting Malaha Kecamatan Bandar Pulau. Dan pada tahun 2015 ini, perusahaan juga melaunching program yang sama di Desa Batu Anam Kecamatan Rahuning Kabupaten Asahan.

Launching program tersebut dihadiri Group Manager PT GM/PT SSL, OWM Limbong, Manager FFB Chau Bun Huat, Koordinator CSR Sumut Fajar Suryono, CSR Spesialis Tanoto Foundation Sumut Fauzi Rustam serta dihadiri oleh PJS Kades Batu Anam Dianty E Damanik, SKM, supplier (agen) buah, petani sawit, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Pada launching program kemitraan tersebut, dilakukan pemaparan program yang disampaikan oleh Koordinator CSR Asian Agri Sumut, Fajar Suryono, bahwa tujuan program ini untuk peningkatan pemahaman petani dalam pengelolaan kelapa sawit.

Selain itu, peningkatan produksi dan kualitas buah kelapa sawit petani, penghematan biaya operasional pengelolaan kelapa sawit, kepastian pasar secara berkelanjutan dan legalitas buah bagi perusahaan.

“Asian Agri di Sumatera Utara telah menjalankan program kemitraan petani swadaya ini pada tahun 2011, yaitu di Kebun Negeri Lama Utara – PT Hari Sawit Jaya di Labuhan Batu. Program diawali di Desa Kuala Bangka, Desa Sei Sentang, Desa Sidomulyo dan Desa Sei Tarolat dan hingga tahun 2014 sudah mencapai 3.313 Ha dengan jumlah 16 kelompok tani,” ujar Fajar Suryono.

Pada tahun 2014, lanjut Fajar, program yang sama juga dilakukan di Desa Gonting Malaha yang berada di sekitar PT Gunung Melayu – Asian Agri dengan luas lahan 814 Ha dengan jumlah 5 kelompok tani. “Tahun 2015 ini, kita akan terus menambah program baik di Desa Gonting Malaha maupun di Desa Batu Anam ini,” katanya.

Salah satu petani dari Sepi Lawas Batu Anam, Haji Rino Kusianto mengatakan, sangat senang dan menyambut baik itikad baik dari perusahaan untuk melakukan pembinaan petani sawit di Desa Batu Anam.

“Saya sangat menyambut dengan tangan terbuka adanya program yang ditawarkan oleh perusahaan, adanya kegiatan ini sangat tepat bagi kami, karena sebenarnya selama ini kami juga sangat menginginkan adanya pembinaan kelapa sawit ini. Kami berharap perusahaan dapat mendampingi dan membina dalam mengurus kelapa sawit kami. Saat ini memang kami akui produksi sawit kami sangat rendah jika dibandingkan dengan perkebunan, karena kami merawatnya memang masih kurang. Terimakasih kami ucapkan pada perusahaan semoga program kemitraan ini berjalan secara baik dan maksimal,” katanya.

Sementara itu, GM PT GM/PT SSL, OWM Limbong mengatakan, selama ini produksi kelapa sawit petani sangat rendah, karena tidak diperlakukan atau dirawat secara maksimal, walaupun bibitnya kurang bagus.

“Jika, diperlakukan secara baik dan benar, maka hasilnya juga akan maksimal. Untuk itu kita harus mengenali kelapa sawit yang kita tanam, kita selalu datangi pokoknya, kita beri makan (pupuk) secara tepat, kita panen buahnya secara tepat, dan perawatan yang maksimal pasti pokok tersebut akan menghasilkan buah yang tinggi, apalagi jika menggunakan bibit unggul maka capaian 30 ton perha pertahun pasti tercapai,” ujarnya.

Melalui program kemitraan ini, tambah Limbong, perusahaan berharap produksi kelapa sawit petani bisa meningkat, sehingga kesejahteraan keluarga akan terjamin. “Kami akan memberikan pembinaan, bibingan dengan menempatkan asisiten dan mandor, sehingga program berjalan maksimal,” ucapnya.

Berbagai kegiatan dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat yang dilakukan Asian Agri adalah bukti nyata kepedulian perusahaan.
Humas Asian Agri, Lidya Veronica Ginting di tempat terpisah menyatakan, berbagai kegiatan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat senantiasa dilakukan perusahaan.

Asian Agri, perusahaan perkebunan sawit kelas dunia yang menjalankan operasionalnya secara ramah lingkungan, berupaya agar keberadaannya senantiasa memberikan manfaat bagi masyarakat dan negara. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *