Polisi Kawal Pendistribusian Soal UN SMA 2015

MEDAN | Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) bekerja sama dengan Kepolisian Daerah (Polda) mulai mendistribusikan soal dan lembar jawaban ujian nasional (UN) SMA sederajat ke seluruh kabupaten dan kota pada 7-11 April mendatang.

KEPALA BARESKRIM“Pendistribusian dengan pengawalan ketat petugas polisi itu kita tempuh demi menjamin keamanan pengiriman dokumen negara sebagai upaya menghindari kebocoran soal yang selalu menjadi kekhawatiran pada setiap penyelenggaraan UN,” kata Koordinator UN Dinas Pendidikan (Disdik) Sumut 2015, August Sinaga di kantor Disdiksu Jalan T Cik Ditiro Medan, kemarin.

Menurutnya, pihak Disdik Sumut bertanggung jawab atas pengiriman seluruh naskah soal dan lembar jawaban UN sampai tiba di kabupaten dan kota. Sedangkan pendistribusian ke wilayah kecamatan hingga ke sekolah penyelenggara UN, dipercayakan kepada dinas pendidikan masing-masing.

Pada proses pendistribusian naskah soal dan lembaran jawaban UN itu, panitia UN Provinsi Sumut mendahulukan ke daerah terpencil yang masih sulit dijangkau lantaran sarana dan prasarana transportasi masih terbatas.

Disebutkannya, pendistribusian soal ke kab/kota berlangsung lima hari dan yang pertama dikirim ke daerah terjauh di lima kabupaten dan kota di Nias, seperti Nias Selatan (Teluk Dalam), Nias Barat, Nias Utara, Nias dan Kota Gunung Sitoli. Sedangkan pada H-2 akan dilakukan di daerah terdekat pada 11 April di Langkat, Binjai dan Medan.

Menurutnya, berdasarkan mekanisme penyaluran distribusi soal UN, soal UN tersebut akan diamankan di tempat penyimpanan di tingkat kab/kota bersama pihak kepolisian. Pelaksanaan UN tingkat sekolah menengah atas (SMA) sederajat Tahun Ajaran 2014/2015 akan dilakukan serentak pada 13-15 April 2015. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *