Wagub Harapkan Pengembang Kontruksi di Sumut Tingkatkan Kemampuan

MEDAN | Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut), Ir H Tengku Erry Nuradi MSi mendorong Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Sumut meningkatkan kemampuan daya saing dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang efektif akan diberlakukan akhir Desember 2015 mendatang.

LPJK SumutKEPALA BARESKRIMHal itu disampaikan Tengku Erry Nuradi saat menerima audiensi pengurus LPJK Sumut di ruang kerjanya kantor Gubernur Sumut, Jl Diponegoro Medan, Kamis (9/4/2015).

Hadir dalam audiensi Ketua LPJK Sumut Murniati Pasaribu, Wakil Ketua I TM Pardede, Wakil Ketua II Robinson Sijabat, Wakil Ketua III Iswahyudi dan Abdul Kosim serta Sahat Silaban.

Sedangkan Wagub Sumut didampingi Kepala BPPT Sumut Sarmadan Hasibuan, Kepala Dinas PSDA Sumut Dinsyah, Kadis Tamben Sumut Eddy Salim, mewakili Kepala Bidang (Kabid) Bongsu Pane, Kabid P/E Dinas Binamarga Provsu Alfi Syahrial.

Erry menegaskan, LPJK Sumut diharapkan terus meningkatkan kemampuan agar dapat bersaing, tidak hanya di level nasional, namun juga internasional.

“Kualitas SDM dan manajemen harus ditingkatkan jika tidak mau menjadi penonton di era Masyarakat Ekonomi ASEAN nantinya. Anggota LPJK Sumut yang mencapai 3 ribu orang merupakan salah satu modal dalam bidang SDM. Mari maksimalkan SDM yang ada,” ujar Erry.

Selain itu, Erry juga mengimbau LPJK Sumut untuk menyatukan barisan dengan pelaku usaha yang terkait dengan jasa konstruksi. Kebersamaan merupakan salah satu kekuatan menghadapai era ekonomi bebas.

“Satukan langkah dengan sesama pelaku usaha bidang kontruksi. Baik ditingkat lokal maupun nasional. Bila perlu, bangun jaringan hingga ke sejumlah Negara ASEAN,” pesan Erry.

Kebersamaan visi dan misi seluruh pihak yang terkait dengan jasa konstruksi, dapat dirumuskan dalam HUT LPJK secara nasional yang akan berlangsung di Sumut pada Agustus 2015 mendatang.

“HUT LPJK Nasional yang digelar di Sumut nantinya, merupakan momentum yang tepat meyatukan visi dan misi seluruh pihak yang berkaitan dengan jasa konstruksi. Apalagi dalam pertemuan nanti, seluruh peserta akan mengulas strategi dalam menyiapkan diri menyambut MEA,” harap Erry.

Salah satu langkah yang harus ditempuh LPJK adalah melakukan terobosan yang dapat meningkatkan kualitas SDM dan pelayanan yang akan berimbas pada naiknya tingkat kepercayaan konsumen.

“Tidak lagu berkutat dengan kontek lokal, LPJK harus go international. Sebelum tinggal landas, LPJK harus melakukan banyak persiapan agar tidak mengalami kendala dalam menjalan perannya di bidang jasa konstruksi,” sebut Erry.

Sementara Ketua LPJK Sumut Murniati Pasaribu mengaku, kiprah LPJK Sumut selama ini belum maksimal. Kendati demikian, LPJK telah melakukan sejumlah program, baik dalam bidang peningkatan SDM dan manajemen.

“LPJK Sumut butuh arahan dan dukungan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, apalagi Gubernur Sumatera Utara berperan sebagai Pembina LPJK Sumut. Untuk itu, kami berharap LPJK Sumut dilibatkan dalam pengerjaan proyek pembangunan, terutama yang berkaitan dengan jasa kontruksi,” harap Murniati.

Murniati juga mengatakan, pelaksanaan HUT LPJK secara nasional akan berlangsung di Samosir pada Agustus 2015 mendatang. Akan hadir sekitar 300 perwakilan LPJK dari berbagai daerah.

“LPJK Sumut dipercaya sebagai panitia HUT LPJK nasional di Samosir,” jelas Murniati.

Dalam acara HUT LPJK Nasional nantinya, panitia akan melakukan sejumlah rangkaian kegiatan diantaranya pameran, seminar dan menanam pohon. (ucup/B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *